Bukan Uang, Ini Yang Bisa Membeli Kebahagiaan! | Breaktime
Bukan Uang, Ini Yang Bisa Membeli Kebahagiaan!
16.11.2017

Kapan terakhir kali B’timers membeli sesuatu yang benar-benar diinginkan? Setelah itu, bagaimana perasaan Anda? Pasti sangat senang dan bahagia. Bagaimanapun sesuatu yang sangat diinginkan tercapai maka akan membawa kebahagiaan. Namun, pepatah lama mengataka bahwa “money can’t buy you happiness”. Kenyataannya ketika kita membeli sesuatu dengan uang akan merasa sangat senang. Misalnya saja sekarang Anda sedang ingin membeli baju baru atau gadget baru. Kemudian Anda membelinya, secara otomatis rasa bahagia itu akan muncul.

Bahkan perasaan bahagia akan terlihat saat Anda memakai barang yang baru dibeli selama beberapa waktu, karena masih baru. Sebenarnya apa sih alasan kita bahagia saat membeli sesuatu dengan uang, sedangkan ada pepatah yang menyebutkan demikian?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Stop Persaingan Saudara; Gali Potensi Mereka

Kita tahu bahwa manusia telah terlatih untuk selalu mencari kepuasan instan. Maksudnya adalah saat dimana kita mendapatkan sesuatu yang diinginkan saat itu juga. Kepuasan instan ini telah menjadi sebuah mekanisme untuk bertahan hidup. Mendapatkan kepuasan instan bisa dibilang juga sudah menjadi kodrat manusia.

Seringkali kita merasa saat menginginkan sesuatu namun tak bisa tercapai saat itu juga, ini sangat menyebalkan. Perasaan marah, sedih, dan tidak tenang bercampur menjadi satu. Sampai akhirnya yang terjadi dalam masyarakat adalah harus bekerja dan menunggu untuk mendapatkan gaji. Nah, saat gaji itu sampai di tangan, barulah Anda mulai bersemangat untuk mewujudkan apa yang diinginkan. Jangankan barang, untuk sekedar makan di restoran atau ngopi di Starbucks sudah membuat kita bahagia.

Bukan Uang, Ini Yang Bisa Membeli Kebahagiaan! | Breaktime
Apakah berbelanja bisa membuat kita bahagia?
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Menyuapi Bayi ala Baby Led Weaning, Amankah?

Saat hari dimana gaji masuk ke rekening, kita bisa melakukan dan membeli apapun yang kita mau. Itulah mengapa uang bisa membuat kita merasa bahagia. Kepuasan saat Anda mendapatkan yang diinginkan menimbulkan respon emosional yang kuat. Perasaan ini timbul dari zat dopamin yang mempengaruhi pusat kesenangan di otak. Saat Anda merasa senang, Anda benar-benar sedang melepaskan dopamin ke dalam sistem tubuh.

Sayangnya, kebahagiaan yang Anda rasakan tersebut bukanlah kebahagiaan yang sejati. Karena seperti yang telah disebutkan secara biologis bahwa Anda hanya melepaskan dopamin. Saat dopamin dalam tubuh hilang, maka perasaan itu akan hilang dan Anda sudah pasti akan menginginkan sesuatu yang baru lagi. Nah, saat itulah dopamin akan lebih banyak terlepas. Itulah kenapa uang tak bisa membeli kebahagiaan. Lalu, apa yang bisa membeli kita kebahagiaan?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Rahasia dari Gaya Hidup Seimbang dan Bahagia

Baru-baru ini, Proceedings of the National Academy of Sciences of the USA melakukan penelitian terhadap dua kelompok dan memberikan uang senilai $40. Satu kelompok diminta untuk membelanjakan uang tersebut untuk barang-barang yang sedang diinginkan. Satu kelompok lainnya diminta menggunakan uang tersebut untuk hal-hal yang lebih bermanfaat seperti membeli makanan atau menyewa orang untuk membersihkan rumah.

Hasilnya cukup mengejutkan bahwa kelompok yang menggunakan uang untuk hal-hal bermanfaat lebih bisa mendapatkan kepuasan hidup. Untuk kelompok yang menggunakan uang demi barang yang diinginkan hanya mendapatkan kebahagiaan jangka pendek. Dari sini bisa disimpulkan bahwa memang bukan barang-barang yang akan memberi kebahagiaan. Gunakan uang B’timers untuk hal-hal yang lebih bermanfaat. Kebahagiaan sekarang hingga hari tua nanti memang lebih penting. Lalu bagaimana caranya? Simpan uang Anda untuk masa depan yang lebih baik dengan klik di sini



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE