Buah Hati Sering Bertengkar, Atasi dengan Bijak! | Breaktime
Buah Hati Sering Bertengkar, Atasi dengan Bijak!
24.11.2015

Memiliki buah hati tentunya sangat membahagiakan bukan, apalagi buah hati terlahir setelah Anda dan pasangan sudah melakukan penantian panjang. Merawat dan mendidiknya tidak terasa berat, justru sangat menyenangkan karena Anda bisa sambil berkaca dari bayangan si kecil ini.

Namun, pertumbuhan karakter juga tidak bisa dihindari B'timers. Apapun didikan Anda pada anak akan ia kembangkan dan menjadi karakter yang akan ia bawa sampai dewasa nanti. Tapi, tidak semua karakter itu baik, ada juga bagian buruknya. Salah satunya adalah suka bertengkar terutama pada saudaranya sendiri. Bagi B'timers yang masih sering kerepotan untuk bersikap seperti apa, berikut beberapa tipsnya :

1. Hindari Emosi

Bagaimanapun juga, Anda harus mengontrol emosi ketika menghadapi si buah hati. Dengarkan dulu apa yang membuatnya bertengkar dengan saudaranya, dan dengarkan juga alasan dari saudaranya. Setelah itu cari jalan tengahnya agar masalah dapat diakhiri dengan adil, dan itu juga mengajarkan pada anak untuk menghargai pendapat.

2. Berikan solusi di waktu yang tepat

Coba saksikan sebentar apa yang menjadi bahan pertengkaran antara kedua buah hati. Setelah Anda tau apa yang menjadi coba cari jalan tengahnya, agar keduanya tidak bertengkar lagi.

Buah Hati Sering Bertengkar, Atasi dengan Bijak! | Breaktime
Mungkin terlihat remeh, tapi kalau tidak dikurangi bisa menjadi karakter yang buruk B'timers

3. Ajarkan untuk mengalah

Mengalah tidak hanya untuk saudara tertua saja, si adik juga harus diajarkan bagaimana caranya untuk mengalah. Katakan pada mereka bahwa mengalah itu bukan berarti kalah, akan tetapi mengalah untuk tujuan yang lebih baik. Selain itu, mendidik anak untuk mengalah juga mengajarkan dia untuk bersabar dan mengerti B'timers.

Itulah beberapa cara untuk membuat si buah hati yang sering bertengkar agar tidak bersikap seperti itu lagi. Memang tidak mudah, akan tetapi kesabaran itu nantinya akan berbuah manis. (wsu)

Share This Article