B’timers, Sudah Sukseskah Anda? | Breaktime
B’timers, Sudah Sukseskah Anda?
07.11.2015

Kesuksesan merupakan impian setiap orang sejak kecil. Kita mungkin sering menghubung-hubungkannya dengan materi atau harta, tapi benarkah kesuksesan seseorang dinilai dari banyaknya harta yang berhasil ia kumpulkan? Atau ada hal lain yang lebih penting dibanding harta? Berikut jawabannya!

B’timers, Sudah Sukseskah Anda? | Breaktime
Jangan pernah ragu akan kemampuan diri

Arti sukses

Sukses tak melulu berkaitan tentang materi, kekuasaan, dan uang, masih banyak hal lain dalam hidup yang bisa digunakan sebagai tolak ukur kesuksesan. Secara singkat, sukses bisa diartikanm sebagai pencapaian tujuan hidup. Pencapaian tersebut bisa saja tentang karir impian, rumah idaman, atau pun keluarga bahagia yang Anda dambakan.

Kesuksesan bisa Anda raih ketika Anda telah memenuhi tujuan hidup Anda dan merasa cukup dengan apa yang Anda miliki saat ini. Jika masih merasa ada ruang kosong yang belum terisi, coba periksa kembali tujuan hidup Anda, adakah yang belum Anda capai?

Pengukuran kesuksesan atau keberhasilan tiap orang sangatlah berbeda, karena mereka menjalani kehidupan berbeda dan memiliki tujuan hidup yang berbeda. Untuk itu, jangan sekalipun mengukur ataupun membandingkan kesuksesan orang lain sebagai patokan.

Cara mengukur kesuksesan

Sebelum mulai mengukur, Anda harus tahu terlebih dahulu apa saja yang harus Anda capai dan bagaimana cara untuk mencapainya. Mengetahui apa yang jadi tujuan Anda, akan memudahkan diri untuk tetap termotivasi dan fokus. Kemudian tanyakan 3 hal berikut pada diri Anda:

  1. Apakah tujuan hidup saya?
  2. Sudahkah saya mampu mencapainya?
  3. Apakah saya merasa puas dengan pencapaian yang telah saya peroleh?

Jika Anda bisa menjawab ketiga pertanyaan tersebut dengan ‘Ya’ yang tegas. Artinya Anda telah mencapai kesuksesan dalam hidup.

B’timers, Sudah Sukseskah Anda? | Breaktime
Jangan biarkan orang lain menentukan kesuksesan Anda

Cara untuk sukses

Namun, jika Anda merasa belum bisa menjawab ketiga pertanyaan tersebut dengan jawaban ‘Ya’, jangan keburu menyerah. Lakukan hal-hal berikut:

  • Percaya diri

Percayalah pada kemampuan Anda, percayalah bahwa Anda bisa mencapai apa yang Anda inginkan. Memiliki kepercayaan diri yang kuat, akan membuat orang lain juga percaya akan kemampuan Anda.

  • Berani bermimpi

Bagi orang lain, mimpi atau keinginan Anda mungkin hanyalah omong kosong. Tapi, cobalah untuk mencapainya dengan perlahan. Mulailah dari hal-hal kecil dan terus lakukan peningkatan.

  • Temukan inspirasi

Memiliki inspirasi dan motivasi merupakan hal baik untuk mempermudah meraih kesuksesan. Jadi jangan ragu untuk menemukan inspirasi atau motivasi Anda.

  • Jalani hidup bergairah

Gairah hidup merupakan salah satu bagian penting untuk mencapai kesuksesan diri. Jadikan gairah sebagai penyemangat diri untuk meraih sukses.

B’timers, kesuksesan adalah apa yang ingin Anda lakukan untuk hidup Anda, bukan apa yang orang lain ingin Anda lakukan. Oleh karena itu, menjadi diri sendiri merupakan jalan terbaik untuk meraih kesuksesan dalam hidup. (dfr)

“Willpower is the key to success. Successful people strive no matter what they feel by applying their will to overcome apathy, doubt, or fear.” – Dan Millman

Share This Article