Jangan Terlambat Perhatikan Kesehatan Mental Anda | Breaktime
B’timers, Jangan Terlambat Perhatikan Kesehatan Mental Anda
13.10.2015

Kesehatan mental merupakan kemampuan kita untuk berpikir dan merasakan, serta bagaimana kita menghadapi berbagai situasi, baik itu positif maupun negatif. Nah, agar mental tetap sehat terjaga, setiap orang bisa melakukan perubahan kecil untuk menghasilkan efek yang besar bagi kesehatan mental. Breaktime beri tips sederhana untuk menjaga kesehatan mental Anda:

Ungkapkan perasaan Anda

Mengungkapkan perasaan Anda bisa membantu menjaga mental Anda agar tetap sehat. Ini sekaligus membuat Anda mampu merespon masalah dengan lebih baik.

Jalankan pola makan sehat

Apa yang kita makan sangat berpengaruh terhadap apa yang kita rasakan. Contohnya, kafein dan gula bisa langsung terasa efeknya pada tubuh. Namun, makanan juga punya efek jangka panjang bagi kesehatan mental.

Terus bersosialisasi

Teman dan keluarga akan membuat Anda merasa saling memiliki dan peduli. Mereka bisa memberikan sudut pandang yang berbeda untuk membantu mengatasi berbagai masalah Anda.

Beristirahat

Sejenak berganti suasana dengan melihat pemandangan alam sangat bagus untuk kesehatan mental Anda. Contohnya, Anda bisa berjalan keluar pada saat jam istirahat kerja.

Menerima diri sendiri

Ada orang yang selalu membuat orang lain tertawa, ada juga orang yang pendiam dan pemalu. Apapun kepribadian Anda, terimalah dan cintai diri sendiri. Setiap orang terlahir berbeda.

Jangan Terlambat Perhatikan Kesehatan Mental Anda | Breaktime
Mencintai diri sendiri sangat penting untuk menjaga kesehatan mental

Bergerak aktif

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa olahraga dapat membantu melepaskan senyawa dalam otak yang membuat kita merasa senang. Olahraga rutin dapat membuat Anda lebih menghargai diri sendiri, membantu konsentrasi, tidur, dan menjadikan perasaan lebih baik.

Banyak minum air putih

Kopi dan teh yang mengandung kafein mungkin bisa meningkatkan mood, namun efeknya hanya sementara. Perbanyak minum air putih agar tubuh lebih sehat.

Meminta bantuan

Tak ada yang namanya manusia super. Terkadang kita lelah atau kewalahan saat banyak hal yang terjadi dengan tak semestinya. Jika Anda merasa tak sanggup, mintalah bantuan pada orang lain.

Lakukan hal yang Anda kuasai

Apa hobi Anda yang bisa membuat Anda tenggelam dalam keasyikannya? Nah, melakukan hal yang Anda sukai dapat membantu mengatasi stres serta membuat Anda lebih menghargai diri sendiri.

Peduli terhadap orang lain

Perhatian dan peduli terhadap orang lain adalah hal yang sangat penting jika Anda ingin menjaga hubungan dekat dengan siapapun. Itu bahkan bisa membuat hubungan Anda semakin dekat.

Nah, itulah cara-cara sederhana untuk menjaga kesehatan mental. Mungkin memang tak semudah yang dibayangkan, namun B’timers bisa memulai perubahan itu hari ini, saat ini juga.

Share This Article