B’timers, Jangan Biarkan Otak Anda Menua! | Breaktime
B’timers, Jangan Biarkan Otak Anda Menua!
17.12.2015

Tidak seorang pun yang ingin mengalami demensia di usia lanjut. Dan jika melihat salah satu anggota keluarga yang menderita alzheimer, Anda mungkin akan cemas hal yang sama terjadi pada diri Anda. Dan faktanya, belakangan ini kita semakin jauh dari gaya hidup sehat. Yang tanpa kita sadari, hal itu berpengaruh buruk pada kesehatan otak.

Seperti yang kita tahu, otak merupakan pusat kontrol tubuh. Dan kekuatan daya ingat tergantung pada kesehatan dan vitalitas otak. Nah ternyata, kita bisa melakukan beberapa latihan untuk menajamkan otak dengan beberapa cara mudah berikut ini:

Jaga tubuh tetap aktif

Ada ungkapan yang mengatakan belajar di usia tua bagaikan mengukir di atas air. Tapi sebenarnya hal tersebut keliru karena otak manusia memiliki kemampuan untuk beradaptasi dan berubah, bahkan untuk mereka yang sudah berumur sekalipun. Kemampuan tersebut dinamakan neuroplasticity.

Daya ingat itu sebenarnya seperti otot, jika Anda sering menggunakannya, otot akan terus terlatih. Jadi yang Anda perlukan adalah latihan untuk otak agar sampai tua ketajaman ingatan tetap terjaga. Salah satu caranya adalah dengan menjaga tubuh tetap aktif. Beberapa studi menemukan hubungan antara tubuh dengan otak. Orang yang memiliki tubuh pasif, daya ingat otaknya pun melemah. Jadi disimpulkan seseorang dengan gaya hidup aktif juga akan memiliki otak yang aktif. Tapi ini tidak berarti Anda harus berolahraga berlebih. Cukup berlari ringan selama 20 menit setiap hari.

B’timers, Jangan Biarkan Otak Anda Menua! | Breaktime
Menyusun puzzle juga merupakan satu cara untuk melatih kemampuan otak

Lakukan latihan untuk otak

Anda bisa membuka kembali buku pelajaran semasa sekolah dulu dan coba selesaikan beberapa soal matematika sederhana.  Atau beli puzzle untuk mengisi waktu senggang akhir pekan. Anda bisa juga iseng-iseng mengisi teka teki silang. Intinya adalah tetap menjaga otak agar terus aktif berpikir.

Selain itu, kegiatan membaca juga baik untuk latihan otak. Semakin banyak membaca, semakin sehat pula otak Anda. Mulai sekarang, biasakan untuk membaca minimal 2  halaman majalah atau koran setiap pagi.

Perhatikan pola tidur dan asupan nutrisi

Jangan abaikan jam tidur Anda. Kebutuhan setiap orang dalam beristirahat memang berbeda. Namun untuk orang dewasa disarankan tidur selama 7 – 9 jam setiap harinya. Waktu tidur yang kurang atau berlebihan dapat berdampak pada kesehatan tubuh dan otak, lho.

Yang patut diperhatikan juga adalah pentingnya asupan gizi Anda, jumlah cairan yang cukup setiap hari, istirahat yang cukup minimal 8 jam. Dan sesuai saran dokter untuk mengkonsumsi omega-3 secara rutin, berpikir positif, dan jaga pikiran untuk selalu fokus.

Jadi, jika B’timers jika ingin memiliki daya ingat yang kuat sampai tua, ubah gaya hidup mulai dari sekarang. Hindari beberapa kebiasaan yang juga buruk untuk kesehatan otak, seperti konsumsi alkohol atau narkoba, hindari kebiasaan diet yang buruk, dan terlalu banyak menghabiskan waktu di depan gadget. (no)

Share This Article