Jangan Biarkan Buah Hati Membenci Diri Sendiri! | Breaktime
B’timers, Jangan Biarkan Buah Hati Membenci Dirinya Sendiri!
06.11.2015

Memiliki buah hati yang tumbuh sehat serta memiliki kepribadian yang baik adalah impian semua orang tua. Namun, tidak semua yang kita harapkan bisa menjadi kenyataan. Terkadang, apa yang kita rencanakan secara matang saat mendidik anak melenceng dari apa yang sudah diimpikan.

Salah satunya adalah anak jadi membenci dirinya karena sebuah masalah atau karena cara mendidik Anda yang salah. Bagi B'timers yang ingin memperbaiki kondisi psikis anak yang membenci dirinya sendiri, ini caranya:

1. Luangkan waktu

Salah satu alasan seorang anak membenci dirinya adalah karena ia merasa kesepian. Maka dari itu, luangkanlah waktu di tengah kesibukan Anda untuk si buah hati. Dengarkan apa yang ia mau atau apa yang ingin ia ceritakan.

2. Ajarkan untuk bermimpi

Ajarkan padanya untuk memiliki sebuah cita-cita atau impian. Ini akan membuat buah hati menjadi terasa daya imajinasinya. Hal ini tentunya berdampak baik untuk rasa percaya dirinya, karena ia memiliki sebuah mimpi yang harus ia kejar.

Jangan Biarkan Buah Hati Membenci Diri Sendiri! | Breaktime
Anak-anak perlu bimbingan halus dari orang tuanya

3. Motivasi setiap pagi

Berikan setidaknya sebuah kalimat semangat agar ia merasa dirinya disayangi. Sebuah motivasi yang diulang setiap hari akan membuat si anak tidak merasa sendiri. Semakin giat Anda memberikan motivasi, semakin kuatnya pendirian si anak dan tentunya itu akan membuatnya semakin mencintai dirinya.

4. Latih tanggung jawabnya

Ajarkan padanya untuk menerima risiko dari setiap masalah yang ia buat. Jangan manjakan ia dengan belaian kasih sayang karena kesalahannya, itu akan membuatnya menjadi arogan dan apabila itu diteruskan akan berakibat buruk. Salah satu contohnya adalah ia akan menjadi manja dan setiap keinginannya harus dituruti, apabila tidak ia akan mulai tidak menyukuri kehidupannya. Maka dari itu, latihlah dia sejak dini, B'timers.

Itulah beberapa cara agar buah hati tumbuh menjadi pribadi yang baik serta terhindar dari sikap membenci dirinya sendiri. (wsu)

Share This Article