Bosan dan Capek saat Kerja? Hindari dengan Perpaduan Warna! | Breaktime
Bosan dan Capek saat Kerja? Hindari dengan Perpaduan Warna!
07.09.2015

Kehilangan semangat dan capek saat kerja adalah hal wajar. Namun, jangan biarkan kedua hal tersebut berlarut-larut hingga menganggu pekerjaan Anda di kantor. Untuk itu, coba atasi masalah tersebut dengan Color Psychology yang akan membuat Anda lebih bersemangat dan nyaman.

Tanpa Anda sadari, sebenarnya setiap warna memiliki pengaruh masing-masing terhadap tubuh, pikiran dan emosi. Untuk itu, jangan kacaukan hari Anda dengan salah memilih warna, termasuk warna baju. Untuk bekerja, pilih warna-warna berikut.

Hijau

Sering berhadapan dengan komputer atau laptop saat bekerja? Atur warna desktop menjadi hijau. Warna hijau nyaman dipandang sehingga mata tidak cepat lelah ketika Anda harus sering berhadapan dengan layar komputer. Selain itu, hijau juga melambangkan keseimbangan dengan sifat positif harmoni, keseimbangan, penyegaran, cinta universal, istirahat, pemulihan, dan kedamaian. Jadi, warna hijau sangatlah cocok digunakan untuk mencegah mata mudah lelah dan bisa menjadi warna penenang yang baik.

Biru

Penelitian yang dilakukan tim peneliti Creighton University, menemukan bahwa warna ruangan dapat mempengaruhi kinerja dan emosional para pekerja didalamnya. Pekerja yang berada dalam ruangan bercat biru akan lebih fokus, tenang, dan semangat dalam bekerja. Biru merupakan warna pikiran yang bersifat menenangkan dan meningkatkan konsentrasi.

Beri sentuhan hijau atau biru untuk ruang kerja
Beri sentuhan hijau atau biru untuk ruang kerja

Oranye

Oranye adalah perpaduan warna merah yang bersemangat dan kuning yang nyaman. Penelitian membuktikan bahwa oranye akan meningkatkan suplai oksigen ke otak, menstimulasi kerja otak, dan meningktakan energi. Jadi, pilih oranye untuk menjadi penyemangat Anda hari ini.

Merah

Warna merah melambangkan energi, stimulasi, kekuatan, dan kehangatan. Warna ini akan merangsang dan meningkatkan denyut nadi sehingga kita akan lebih bersemangat. Merah cocok digunakan ketika Anda mulai kehilangan semangat.

Ruangan dengan warna abu-abu terkesan suram
Ruangan dengan warna abu-abu terkesan suram

Hijau, oranye, biru dan merah adalah warna yang tepat untuk Anda gunakan sebagai pemacu semangat kerja di kantor. Namun, hindari warna abu-abu dan kuning. Abu-abu akan membuat Anda menjadi pasif dan kehilangan energi. Jika tetap ingin mengenakannya, sebaiknya padu padankan dengan warna merah, oranye, biru maupun hijau. Sedangkan kuning, meskipun memberikan rasa optimis dan kreativitas, kuning akan menjadi stimulus emosional termasuk kecemasan dan ketakutan. Untuk itu gunakan warna kuning bersama hijau atau biru agar hari Anda tidak kacau gara-gara salah warna.

Selamat bekerja, B’timers!

Share This Article