Bos vs Leader, yang Manakah Diri Anda | Breaktime
Bos vs Leader, yang Manakah Diri Anda?
23.12.2015
“People ask the difference between a leader and a bos. The leader leads, and the bos drives.” – Theodore Roosevelt

Dalam sebuah organisasi termasuk dunia kerja, Anda tentu mengenal atasan atau bos dan pemimpin atau leader. Sekilas, keduanya memang terlihat sama, namun terdapat beberapa karakteristik yang dapat menjadi kunci untuk membedakan antara bos dan leader. Berikut ulasannya.

Tujuan

Seorang bos memiliki tujuan untuk mendapatkan sesuatu. Sementara pemimpin tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan sesuatu, tapi juga memberdayakan serta memotivasi orang-orang dalam timnya. Seorang pemimpin tidak hanya menunjukkan apa yang salah, tapi juga membuat segala sesuatunya menjadi lebih baik.

Menegur atau memarahi

Setiap manusia tentu pernah salah, begitu pula dengan seorang karyawan. Dalam menanggapi kesalahan ini, seorang pemimpin lebih cenderung untuk menegur dan memberikan motivasi. Sedangkan seorang bos, tentu saja akan memarahi bawahan yang melakukan kesalahan.

Bos vs Leader, yang Manakah Diri Anda | Breaktime
Seorang bos akan memarahi bawahan yang melakukan kesalahan, sedangkan pemimpin akan menegur dan memotivasi

Penyebutan diri

Bos terbiasa membedakan antara dirinya dengan bawahan, sehingga mereka akan lebih banyak menyebutkan ‘Saya dan Kalian’. Sedangkan pemimpin akan menyebut dirinya sebagai ‘Kita’, karena ia menganggap bahwa dirinya juga termasuk dalam tim tanpa membedakan posisi mereka dalam tim.

Pandangan terhadap hasil

Mereka yang menganggap dirinya bos, akan lebih mengutamakan hasil dari sebuah pekerjaan. Namun, seorang pemimpin memiliki rasa tanggung jawab terhadap sebuah proses untuk membuahkan hasil yang baik.

Pandangan orang lain

Seorang bawahan tentu akan menghormati orang yang menjadi bos mereka. Namun, mereka akan memberikan cintanya untuk pemimpin. Ini juga menjadi alasan kenapa seorang bos seringkali ditakuti oleh bawahan mereka.

Bos vs Leader, yang Manakah Diri Anda | Breaktime
Seorang pemimpin akan mengajak angota timnya untuk menyelesaikan pekerjaan, sedangkan bos memerintah.

Perintah atau ajakan

Perintah akan dikeluarkan oleh seorang bos, mereka akan mengatakan, ‘Selesaikan proyek ini segera!”. Sedangkan, pemimpin akan mengeluarkan sebuah ajakan, seperti “Mari kita selesaikan proyek ini dengan baik!”. Karena merasa memiliki tanggung jawab yang sama, seorang pemimpin akan mengajak anggotanya untuk bekerja sama, bukan menyuruh mereka mengerjakannya.

Mengajar dan belajar

Seorang bos akan cenderung mengajar, tanpa mau belajar dari kesuksesan bawahan mereka. Sedangkan seorang pemimpin akan mengajar anggota timnya, serta belajar dari mereka. Hal ini sama artinya dengan bos akan memberikan komando, sedangkan pemimpin akan bertanya dan mendengarkan.

Inti dari perbedaan antara bos dan pemimpin ini adalah bagaimana cara mereka menempatkan diri dalam sebuah tim. Menjadi bos atau pemimpin tentu saja merupakan pilihan Anda pribadi. Namun, sebuah tim yang baik tentu saja memiliki seorang pemimpin, bukan bos. (dfr)

Share This Article