Bikin Si Kecil Berjiwa Dermawan Sejak Dini, Yuk! | Breaktime
Bikin Si Kecil Berjiwa Dermawan Sejak Dini? Kenapa Tidak!
27.11.2015

Berapa banyak di antara B’timers yang tumbuh dengan omelan Ibu, “Jangan membuang-buang makanan. Di luar sana masih banyak orang kelaparan” ? Seiring dewasanya Anda, dibalik omelan ini ternyata tersimpan pelajaran moral berharga.

Perlahan, Anda tumbuh sebagai sosok dewasa yang pandai bersyukur dan dermawan dengan mereka yang kekurangan. Nah, mungkinkah bila Anda mengajarkan sikap pandai bersyukur dan dermawan tersebut sejak dini pada anak-anak? Tentu saja. Nah, berikut Breaktime bagikan tips menariknya:

Berikan contoh nyata

Jennifer Kolari, terapi anak dan keluarga di Toronto menuturkan cara paling efektif untuk membuat anak suka memberi adalah dengan memberikan contoh nyata. Sebagai contoh, kegemaran Anda memasak atau membuat kue, kemudian membagikannya pada tetangga bersama si Kecil akan membuat ia belajar dermawan.

Gunakan gambar menyentuh

Selain tindakan langsung, Anda juga bisa menggali empati anak dengan mempertontonkannya pada sejumlah foto yang menyentuh. Mintalah anak berpendapat tentang foto yang dilihatnya kemudian membandingkan dengan kondisinya sendiri. Setelah itu, rasa iba dan belas kasih anak akan muncul secara perlahan dan ini adalah modal untuk membuatnya jadi dermawan.

Bikin Si Kecil Berjiwa Dermawan Sejak Dini, Yuk! | Breaktime
Ajak anak untuk memberikan perhatiannya sekecil apapun

Gunakan kata-kata sederhana

Motivasi anak untuk menjadi dermawan dengan kata-kata sederhana mengapa aktivitas tersebut penting dilakukan dan apa manfaatnya bagi dirinya dan orang lain. Usahakan untuk menggunakan ilustrasi yang mudah dipahami anak dan hindarkan pemilihan kata yang terlalu kasar. Biarkan keinginan memberi muncul secara alami dalam diri anak.

Ajak anak mendonasikan uangnya

Selain mengajarkan si Kecil untuk berhemat, ajaklah ia untuk menyimpan uangnya di tempat terpisah yang ditujukan sebagai donasi amal. Bahkan, jangan ragu pula untuk menerapkannya pada diri Anda. Kemudian, sandingkan kotak donasi miliki Anda dan si Kecil. Buatlah jadwal rutin untuk mengisi kotak tersebut.

Ajak menebar senyum

Dermawan memang tidak selalu identik dengan uang. Bahkan, sekadar menebar senyum dan wajah yang ceria saja sudah cukup untuk membuat orang lain bergembira, bukan? Nah, ajarkan buah hati Anda untuk mengenali pemberian yang sederhana dan sering dilupakan orang ini. Kelak, ia akan tumbuh sebagai anak dengan pribadi menyenangkan dan menenangkan.

Sudah siapkah Anda mendidik si Kecil untuk lebih berjiwa dermawan dan pandai bersyukur tersebut sejak dini? (vsc)

Share This Article