Berpikir & Bersikap Cerdas dengan Cara Sederhana | Breaktime
Berpikir dan Bersikap Cerdas dengan Cara-Cara Sederhana Ini
22.12.2015

Selama ini, sudah jadi hal yang umum jika kecerdasan otak menjadi ukuran kesuksesan seseorang. Padahal, itu sangat tidak mutlak, lho. Sebab, berdasarkan penelitian dari Universitas Stanford, psikolog Carol Dweck mengungkapkan bahwa attitude atau sikap sebenarnya lebih bisa menyukseskan daripada IQ atau kecerdasan.

Pada dasarnya, ada dua jenis pola pikir, yaitu fixed dan growth. Pola pikir fixed percaya bahwa “aku adalah aku” dan itu tak bisa diubah. Ini justru bisa membuat Anda merasa tak berdaya dan kewalahan sendiri. Sedangkan, pola pikir growth yakin bahwa mereka bisa jadi lebih baik lewat usaha dan mengatasi masalah.

Nah, untuk menjadi orang yang sukses, pola pikir growth-lah yang perlu diterapkan. Untuk berpikir dan bersikap cerdas, inilah tips yang bisa Anda lakukan:

Hindari selalu merasa tak berdaya

Selalu ada saat di mana kita merasa tak berdaya dan tak ada yang bisa menolong kita. Namun, jangan biarkan masalah membuat Anda merasa down. Selalu lihat segi positifnya dan ambil pelajaran dari masalah yang Anda hadapi.

Selalu penuh semangat

Orang-orang yang penuh energi selalu mengejar mimpi mereka dengan semangat. Bisa jadi mereka adalah orang yang tak memiliki bakat seperti Anda, namun orang-orang ini menyalurkan keinginan mereka lewat passion. Mereka pun dengan santai mengabaikan hal-hal yang bisa mengalihkan perhatian.

Melakukan action

Orang yang memiliki pola pikir growth bukan berarti tak memiliki rasa takut sama sekali. Justru, mereka mengerti bahwa rasa takut bisa memicu emosi dan kegelisahan. Namun mereka dengan sigap melakukan aksi untuk mengatasi hal tersebut, dan lebih fokus pada energi positif.

Berpikir & Bersikap Cerdas dengan Cara Sederhana | Breaktime
Sikap yang baik lebih penting daripada kecerdasan Anda

Berusaha maksimal

Mereka yang kuat selalu dapat melalui saat-saat tersulit dan terberat. Mereka juga melakukan usaha optimal dalam mengatasi masalah dan mencapai tujuan. Setiap harinya, mereka selalu berusaha menjadi orang yang lebih baik dan lebih baik lagi.

Mengharapkan hasil

Kegagalan memang akan terus terjadi, dari waktu ke waktu, namun jangan biarkan itu membuat Anda berhenti berharap untuk hasil yang terbaik. Mengharapkan hasil terbaik dapat membuat Anda terus termotivasi dan merasa bersemangat.

Menjadi fleksibel

Akan selalu ada hal-hal tak terduga yang terjadi dalam kehidupan kita. Termasuk hal-hal yang buruk dan tak kita inginkan. Ketika terjadi sesuatu yang tak diharapkan, jadilah fleksibel dan pikirkan dengan jernih apa yang bisa dilakukan untuk menemukan solusi.

Itulah yang bisa Anda lakukan untuk menjadi orang yang sukses dan dapat mengatasi segala tantangan. Berpikir dan bersikap cerdas memang tidak mudah, namun itu bisa dilatih dan dibiasakan. Karena kecerdasan intelektual bukan yang nomor satu, mengapa tak mulai memperbaiki attitude atau sikap untuk mencapai mimpi-mimpi B’timers? (md)

Share This Article