Berpendapat Itu Ada Seninya! | Breaktime
Berpendapat Itu Ada Seninya!
07.09.2015
“Speak in such a way that others love to listen to you.”

Hari ini, 7 September 2015, genap menjadi 11 tahun kepergian aktivis HAM Munir Said Thalib. Meski menyisakan duka yang begitu mendalam, namun darinya B’timers bisa belajar banyak hal, utamanya cara berpendapat. Nah, trik komunikasi seperti apa saja sih yang bisa B’timers pelajari saat adu pendapat dengan teman atau rekan kantor tanpa emosi? Yuk, simak ulasannya!

Dengarkan dengan seksama

Bila ingin didengar, pastikan Anda belajar lebih dulu cara mendengar orang lain. Sepintas memang terlihat sepele, but it works! Jika rekan kantor tahu Anda tengah menyimak apa yang dikatakannya, ia pun akan lebih mudah untuk mendengarkan setiap ide yang Anda sampaikan. Selain itu, usahakan untuk tidak menyela pembicaraan karena ini akan mengaburkan ide penting rekan kantor.

Hindari perkataan ambigu

Usahakan untuk menghindari perkataan ambigu yang rawan disalahpahami rekan kantor. Sampaikan ide Anda dengan jelas dan signifikansinya. Selain itu, pastikan untuk memberikan perhatian penuh pada rekan ketika Anda bicara. Berbicara sambil memainkan gadget atau mengecek email akan menghilangkan rasa kepercayaan teman untuk mau mendengar Anda.

Bersikap open minded sangat membantu kenyamanan berdiskusi
Bersikap open minded sangat membantu kenyamanan berdiskusi

Bersikap open-minded

Saat meeting atau diskusi dengan teman, usakahan untuk tidak mendominasi keputusan dengan sudut pandang Anda. Biarkan rekan melontarkan dan mengembangkan idenya agar ia merasa penting dan diperhitungkan. Hal ini juga akan mendorong ide-ide segar yang lebih deras mengalir dan bikin suasana lebih nyaman.

Cerdas dalam bertanya

Kecerdasan Anda dalam bertanya juga memegang kunci penting dalam berpendapat. Kenalilah kondisi lawan bicara dengan baik. Jika ia tampak kelelahan dan stres, jangan bertanya dengan intonasi tinggi dan gaya offensive. Bertanyalah dengan santun tanpa kehilangan inti dari jawaban yang ingin Anda dapatkan.

Tahan emosi

Berbeda pendapat dengan teman pasti akan menimbulkan ketidaknyamanan tersendiri. Namun, bukan berarti B’timers harus bersikap frontal untuk melawan pendapatnya. Bahkan, ketika situasi memanas sekalipun, cobalah untuk stay cool. Hal ini akan meminimalisir kerusuhan yang menyulut kebencian saat berpendapat.

Dengan menerapkan kelima tips tersebut, bukan hal mustahil bila B’timers bisa jadi teman yang fun untuk didengarkan. Cobalah bersikap lebih tenang dan bijak dalam berpendapat dan rasakan manfaatnya pada kehidupan sehari-hari Anda.

Share This Article