Berikan Dukungan Untuk Teman yang Depresi! | Breaktime
Berikanlah Dukungan Untuk Teman yang Depresi dengan Cara Ini
08.02.2016

Depresi bisa melanda siapa saja dan kapan saja. Bisa jadi hal ini terjadi pada Anda atau mungkin pada kerabat dan teman Anda. Melihat orang yang B’timers sayangi berada dalam kemurungan setiap hari tentunya bukanlah hal yang menyenangkan. Maka dari itu saatnya Anda memberikan dukungan untuk teman yang depresi dengan cara berikut :

Pelajari tentang depresi

Sebelum B’timers ikut campur dalam masalah teman Anda yang depresi, sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu mengenai depresi dan kegelisahan. Tidak perlu sangat mahir, Anda cukup mempelajari mengenai hal dasar saja. Hal ini mampu mencegah Anda dari perbuatan yang bisa menambah depresinya.

Berikan Dukungan Untuk Teman yang Depresi! | Breaktime
Mengedukasi diri tentang depresi agar tidak salah langkah

Lontarkan banyak pertanyaan

B’timers tidak akan mengetahui apa yang membuat dirinya sakit hanya dengan melihat dia meringkuk seharian. Tanyakan beberapa pertanyaan seperti sejak kapan dia merasa gelisah atau apakah dia memiliki rencana untuk bunuh diri. Pertanyaan seperti itu mungkin sepele namun tentu akan membantu untuk mencari jalan keluar melalui setiap jawaban yang dia lontarkan pada Anda.

Anda yang paling mengetahui kondisi dia

Sebagai teman serta kerabat dekat yang setiap hari berinteraksi dengannya, tentu B’timers mengetahui segala sesuatu tentang dia. Tentu Anda tahu sejak kapan dia berubah sikap, atau mungkin diet seperti apa yang dia jalani selama ini. Gunakan hal ini sebagai petunjuk untuk membantu dia keluar dari lubang depresi yang dialaminya.

Hindarkan dari stress dan beri dukungan

Stress adalah pemicu munculnya depresi bagi sebagian besar orang. Maka dari itu, ajaklah teman atau kerabat Anda untuk menjalani sesi meditasi seperti yoga. Melalui meditasi, mood akan membaik dan kepenatan yang dia rasakan selama ini perlahan akan menghilang. Pastikan kepadanya bahwa B’timers akan selalu ada memberi dukungan apapun yang terjadi.

Ingatkan pada kekuatannya

Kebanyakan orang yang depresi tidak mampu mengingat sumber kekuatanya selama ini. Itulah guna Anda sebagai teman baiknya. Ingatkan kembali prestasi apa yang membuatnya menjadi manusia yang besar hingga sekarang ini. Keberhasilan apa yang sudah dia raih selama ini, dan rintangan seperti apa yang sudah dia lalui dengan baik dan sempurna.

Berikan Dukungan Untuk Teman yang Depresi! | Breaktime
Hindarkan stress dengan melakukan meditasi setiap hari

Candaan merupakan obat terbaik

Dukungan untuk teman yang depresi adalah dengan membuatnya tertawa. Lontarkan candaan yang lucu tanpa harus menjelek-jelekkan dirinya. Anda bisa mengajaknya melihat semacam panggung komedi. Dengan tertawa, ketakutan dan kepanikan yang dia rasakan akan menghilang secara perlahan-lahan.

Listen more

Tentunya selalu ada makna di balik manusia diberi dua buah telinga dan satu mulut, yaitu agar manusia lebih banyak meresapi setiap kata daripada melontarkan banyak kalimat kosong. Dengarkan setiap keluh kesah yang dia sampaikan pada Anda. Baru ketika dia meminta pendapat tentang bagaimana seharusnya, berikan jalan keluar yang menurut Anda terbaik.

B’timers bisa memberikan dukungan untuk teman yang depresi secara perlahan-lahan, namun pasti. Sampaikan pada teman Anda bahwa jalannya masih sangat panjang dan masih ada beribu kebahagiaan yang siap menantinya. Maka dia akan menyadari makna kehidupan yang lebih indah tanpa adanya depresi meskipun perlahan. Selamat mencoba. (ft)

Share This Article