Stop Memikirkan Perasaan Orang Lain, Be Happy! | Breaktime
Berhentilah Terlalu Memikirkan Perasaan Orang Lain, Just be Happy!
18.11.2015

Pernahkan Anda merasa khawatir secara tiba-tiba setelah mengatakan sesuatu? Atau merasa cemas setelah melakukan sesuatu? Perasaan itu terkadang muncul karena kita masih terlalu peduli dengan apa yang dipikirkan orang lain tentang kita. Banyak yang mengalami hal ini dan betapa meruginya karena terpaku dalam titik tersebut.

Baca Juga: Cara Menjaga Ucapan Agar Tak Menyakiti Orang Lain

Untuk keluar dari ketidaknyamanan ini, coba lakukan hal-hal berikut:

1. Ingat tujuan awal Anda

Saat Anda merasa khawatir tentang apa yang dipikirkan oleh orang lain terhadap Anda, coba pikir ulang apa yang menjadi tujuan Anda. Pikirkan apa yang penting dalam hidup Anda dan rela Anda lakukan setiap hari meski berkumpul dengan orang-orang tersebut. Setelah mengingatnya, kuatkan keinginan Anda untuk melangkah ke depan agar bisikan dari samping tidak terdengar sampai ke hati lagi.

2. Lepaskan belenggu

Langkah selanjutnya adalah keluarlah dari belenggu mereka. Saat Anda merasa tidak nyaman dengan kondisi Anda saat ini, jangan terenyuh dan malah berputus asa. Keluarlah dari belenggu tersebut dan ekspresikan dengan normal apa yang ada di hati dengan cara tertawa atau melakukan hobi Anda. Buat hati Anda senang, agar nantinya mental semakin kuat.

Stop Memikirkan Perasaan Orang Lain, Be Happy! | Breaktime
Percaya diri bisa membuat Anda merasa nyaman di lingkungan ‘keras’ sekalipun

3. Masuklah dalam komunitas yang positif

Jangan berdiam diri saat merasakan bahwa diri Anda lemah. Bergabunglah dengan komunitas yang membuat Anda nyaman serta percaya diri, seperti komunitas panjat tebing atau debat. Itu akan membantu Anda terbebas dan lebih percaya diri sehingga Anda tidak lagi dihantui pikiran buruk orang lain.

4. Catat impian Anda

Catat apa yang ingin Anda raih dari hari ke hari dalam sebuah buku. Seperti contoh Anda ingin bisa bekerja mandiri, melakukan tugas yang menurut Anda mustahil, atau menjadi lebih berani. Catat itu dan selalu baca agar diri Anda termotivasi. Saat semua list sudah tercapai, mereka yang ada di sekitar Anda akan segan dan tidak lagi berpikiran buruk.

Itulah beberapa cara agar Anda bisa berhenti untuk terlalu peduli dengan apa yang orang lain pikirkan. Lakukan dan pikiran apa yang menurut Anda benar, dan percayalah bahwa Anda bisa melakukannya. Semangat, B'timers. (wsu)

Share This Article