Berhenti Mengeluh dan Rasakan Dampak Positifnya | Breaktime
Berhenti Mengeluh dan Rasakan 5 Dampak Positifnya
29.06.2016

Hayoo, apakah Anda tukang mengeluh setiap ada sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan, B’timers? Menang tidak ada yang mengaku bahwa mereka adalah pengeluh, namun kenyataannya sangat sering kita mengeluh tanpa disadari. Mengeluh tidak akan memberikan manfaat apapun bagi Anda, B’timers. Sebaliknya hanya akan menguras tenaga positif. Nah ini 5 dampak positif berhenti mengeluh!

Memandang sesuatu dari sudut yang berbeda

Sebenarnya hal yang selalu Anda keluhkan tidak terlalu buruk, kok, B’timers. Coba saja perhatikan ketika berhenti mengeluh, lalu lihat kejadian tersebut. kita akan menyadari bahwa hal tersebut bahkan tidak dapat membunuhseseorang. Dampak positifnya, Anda mulai melihat sesuatu dari sudut pandang lain.

Ternyata mengeluh dapat merusak kesehatan

Peneliti dari Stanford University menemukan, bahwa dengan menghabiskan 30 menit untuk mengeluh, sebenarnya dapat merusak otak. Mengeluh ternyata dapat mengupas neuron di hippocampus Anda. Dan itu adalah bagian dari otak yang berhubungan dengan pemecahan masalah dan fungsi kognitif.

Berhenti Mengeluh dan Rasakan Dampak Positifnya | Breaktime
Daripada mengeluh, selesaikan tugas dengan lapang dada dan senyuman

Dapat mengurangi resiko dari tekanan atau stres

Anda mungkin akan mengatakan, “Saya tidak mengeluh. Itu hanya ungkapan saja.” Menurut Guy Winch, seorang psikolog, mengeluh dapat meningkatkan produksi kortisol atau hormone stres. Jadi, salah satu dari 5 dampak positif berhenti mengeluh yang Anda dapatkan adalah kebebasan dari stres, B’timers.

Hubungan sosial Anda akan jauh lebih sehat

Coba pikirkan, siapa sih, yang menyukai berteman dengan seorang tukang ngeluh? Bahkan Anda sendiri tidak suka berada dekat dengan orang yang selalu mengeluhkan bencana yang dia alami, B’timers. Jadi, dengan berhenti mengeluh, artinya Anda sudah menjadi orang yang enak untuk dijadikan teman, lho.

Anda bisa melakukan sesuatu yang berguna

Daripada terus mengeluh ketika mendapatkan masalah, dengan menerima keadaan tersebut, Anda justru akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengerjakan hal-hal yang bermanfaat. Mengeluh tanpa tindakan nyata, hanya akan sia-sia. Sebaliknya Anda jadi lebih produktif dengan berhenti mengeluh.

Nah, menurut Anda 5 dampak positif berhenti mengeluh bisa diperjuangkan untuk meninggalkan kebiasaan buruk, kan, B’timers? (NO)

Share This Article