Bergelut Melawan Kecanduan? Ini Tips Ampuhnya! | Breaktime
Bergelut Melawan Kecanduan? Ini Tips Ampuhnya!
20.04.2016

“Saya? Kecanduan? No way!” Mungkin Anda beranggapan hanya alkohol, tembakau dan narkoba saja yang menyebabkan seseorang kecanduan. Salah, B’timers! Candu bisa berarti apa saja, lho. Jika Anda bisa tenggelam dalam suatu hal dan melupakan kegiatan yang lain, artinya Anda sudah kecanduan.

Coba ingat, berapa lama Anda menghabiskan waktu untuk menggenggam gadget hingga mengabaikan tugas dari atasan. Atau kecanduan drama Korea sampai rela bolos kerja demi menontonnya sampai tamat. Hmm, sebaiknya Anda ikuti tips untuk melawan kecanduan berikut ini, yuk, B’timers!

Mengakui tujuan untuk melawan

Pertama, Anda harus memikirkan terlebih dahulu, mengapa Anda menjadikan salah satu dari hal-hal tersebut sebagai tempat pelarian, B’timers. Dan pastikan ada jawaban atas pertanyaan itu. Misalnya dengan merokok atau bermain game di smartphone seharian, kecemasan atau stres dapat teratasi.

Awalnya akan sulit mengakui, bahwa diri Anda memiliki kebiasaan yang buruk bagi kehidupan. Tapi tanpa adanya pengakuan dari diri sendiri, tidak akan mengubah apapun, lho. Jadi putuskan dan mantapkan hati untuk berubah menjadi lebih baik.

Bergelut Melawan Kecanduan? Ini Tips Ampuhnya! | Breaktime
Teknologi juga bisa membuat seseorang kecanduan, lho!

Ganti dengan kebiasaan baru

Orang tidak akan mungkin melawan kecanduan begitu saja, B’timers. Mereka harus menggantinya dengan kebiasaan baru. Saat mereka merasa ada manfaat yang didapat dari minuman beralkohol, akan mustahil jika Anda memaksa seseorang untuk berhenti total dari kebiasaannya, lho.

Ada pilihan yang lebih sehat untuk mengatasi rasa depresi. Misalnya dengan latihan yoga dan teknik pernapasan. Dengan memiliki kebiasaan baru yang lebih sehat, pikiran Anda akan teralihkan dari keinginan membakar tembakau lagi, B’timers.

Identifikasi zona bahaya Anda

Kenali zona bahaya Anda sendiri. Ada saat-saat di mana Anda akan mudah tergoda untuk kembali dalam kebiasaan yang ingin dilawan. Buatlah daftar kapan dorongan kuat muncul untuk menikmati minuman beralkohol. Misalnya setiap jam 14.00 ketika berkas di kantor semakin menumpuk.

Tidak perlu berubah menjadi kuat untuk melawan keinginan tersebut, B’timers. Anda hanya perlu mengenali zona bahaya dan lakukan sesuatu untuk mengalihkan pikiran dari desakan nafsu. Anda bisa melakukan beberapa geralan relaksasi ringan di manapun, kok.

Bergelut Melawan Kecanduan? Ini Tips Ampuhnya! | Breaktime
Rela begadang demi film favorit

Bertanggung jawab pada keputusan

Mintalah bantuan dari salah satu orang terdekat. Itu adalah cara paling mudah untuk melawan kecanduan, B’timers. Ceritakan padanya mengenai apa yang Anda rasakan jika harus berhenti merokok. Dengan adanya dukungan dari orang lain, Anda akan merasa tertantang untuk segera berhenti.

Ikutlah berkumpul dalam pertemuan orang-orang yang memiliki tujuan sama dengan Anda. Menurut penelitian, jika seseorang bertemu dengan orang lain dengan tujuan serupa, mereka akan lebih mudah menghadapinya daripada harus melaluinya sendirian, B’timers.

Nah, jika Anda sudah berhasil membuat kemajuan dalam melawan kecanduan yang dimiliki, jangan lupa untuk memberi hadiah pada diri sendiri, ya? Berikan diri Anda hadiah kecil untuk setiap langkah yang Anda buat. Dengan demikian Anda akan tetap merasa berharga, kan? (NO)

Share This Article