Berat Ucapkan Selamat Tinggal? Try This! | Breaktime
Berat Ucapkan Selamat Tinggal? Try This!
22.11.2015
“If you’re brave to say Good Bye, life will reward you with a new Hello” – Paulo Coelho

Mengucapkan selamat tinggal memang sulit, perasaan yang terlanjur terhubung adalah salah satu alasan ini menjadi sulit. Tapi, jika dilakukan dengan cara yang benar, sebenarnya tidak sesulit itu. Hal utama yang Anda butuhkan adalah keyakinan diri, selanjutnya lakukan setahap demi setahap.

Jangan terburu-buru

Kita memang menginginkan sesegera mungkin mengucapkan selamat tinggal agar tidak semakin terbebani. Namun, jangan lakukan dengan terburu-buru, siapkan diri Anda untuk benar-benar bisa melepaskan.

Berat Ucapkan Selamat Tinggal? Try This! | Breaktime
Habiskan waktu bersama orang-orang terkasih sebelum pergi

Selamat tinggal adalah proses berkelanjutan

Setiap hari, Anda bisa saja bertemu dengan orang-orang baru, begitu juga dengan perpisahan. Perpisahan ini tentu akan memberikan perbedaan dalam hidup Anda, tapi setidaknya Anda telah belajar melepaskan dan memulai hidup yang baru.

Simpan memori atau kenangan

Sebuah kenangan tentu saja akan membekas di hati dan pikiran Anda. Tapi, tak sedikit juga yang akan terlupakan seiring berjalannya waktu. Untuk itu, jika Anda menginginkan kenangan manis tetap tersimpan, simpanlah benda-benda yang mengingatkan Anda tentang kenangan tersebut. Anda bisa menyimpan foto, lagu, aksesoris, atau benda-benda lain yang memiliki hubungan dengan kenangan tersebut. Intinya adalah perpisahan bukan berarti meninggalkan kenangan, Anda masih bisa menyimpannya.

Pilih waktu yang tepat

Beberapa orang mungkin akan memberikan salam perpisahan tepat ketika mereka akan pergi. Tapi, agar tetap berkesan dan terkenang, pilih waktu yang tepat untuk mengucapkan selamat tinggal. Anda bisa mengajaknya menikmati the atau kopi bersama, menceritakan kenangan indah kalian, dan apa yang harus kalian lakukan selanjutnya saat telah berpisah.

Berat Ucapkan Selamat Tinggal? Try This! | Breaktime
Menyedihkan memang, tapi jangan berlarut-larut

Sedih itu wajar, tapi jangan berlarut-larut di dalamnya

Momen perpisahan memang akan membuat Anda merasa sedih. Perasaan ini wajar adanya karena terdapat ikatan antara Anda dengan yang Anda tinggalkan. Namun, jangan sampai berlarut-larut dalam kesedihan. Membiarkan diri Anda terus menerus sedih, hanya akan menambah beban dan sulit untuk melanjutkan langkah. Ambil sisi positif dari tiap perpisahan.

Tandai apa yang akan Anda rindukan

Mengucapkan selamat tinggal, berarti harus siap untuk berpisah. Anda tidak akan tahu ahal apa saja yang akan Anda rindukan. Tapi, perkiran dengan pikiran Anda. Selanjutnya habiskan waktu lebih banyak dengan hal-hal yang akan Anda rindukan.

Ucapkan selamat tinggal bukan hanya pada orang

Anda tentu memiliki tempat makan favorit, toko buku favorit atau pun taman favorit yang sering Anda kunjungi. Ucapkan selamat tinggal juga pada mereka. Percaya atau tidak, kelak Anda akan merindukan tempat-tempat penuh kenangan tersebut.

Dalam hidup ada yang datang dan pergi, tugas kita sebagai manusia adalah menilai baik dan buruknya. Ambil sisi baiknya untuk melangkah maju dan tinggalkan keburukannya untuk hidup yang lebih baik. (dfr)

Share This Article