Benarkah Sering Lembur Bikin Kita Cepat Tua? | Breaktime
Benarkah Sering Lembur Bikin Kita Cepat Tua?
02.07.2017

FUN FACT QUESTION

Jawaban Kamu Benar

Sering lembur bikin kita cepat tua



B’timers tentu tak dapat menghindar dari yang namanya proses penuaan. Lagipula, tanda-tandanya juga bisa langsung terlihat, terutama pada kulit. Di kulit terlihat ada kerutan, kadang juga kulit jadi nampak lebih kusam. Nah, penuaan sendiri kadang terjadi secara dini, yang disebabkan sejumlah kebiasaan sehari-hari. Tapi, kalau bicara soal lemburan, nih, apa iya lembur bisa bikin kita terlihat lebih tua?

Jawabannya benar, ladies.  Lalu, bagaimana bisa ya, lembur membuat seseorang jadi mengalami tanda-tanda penuaan? Nah, sebenarnya bukan soal pekerjaannya, namun kebiasaan tidur larut malamlah yang menyebabkan penuaan terjadi pada Anda. Jadi, kalau lembur kan, pasti Anda begadang dan kurang tidur. Ini dapat berakibat pada kesehatan kulit dan tubuh Anda.

Baca juga : 5 SUPER FOOD PENCEGAH PENUAAN DINI

Terutama pada kulit, saat Anda kurang tidur, maka tubuh akan kesulitan untuk memulihkan diri dari paparan sinar UV serta faktor pemicu lingkungan buruk yang lain. Ini sebabnya Anda butuh mencukupi waktu tidur selama  7-9 jam tiap malam. Selain jam tidur yang kurang, ada juga sebab-sebab lainnya yang membuat Anda jadi mengalami penuaan lebih cepat.

Buat Anda yang suka merokok, nih, please be aware. Merokok bisa bikin proses penuaan kulit jadi lebih cepat, demikian menurut Journal of Dermatological Science. Itu karena rokok mengandung bahan kimia yang bisa membuat sel kulit tidak mendapat cukup oksigen. Selain itu, juga menyebabkan kolagen menurun lebih cepat, serta membuat kulit jadi mudah kendur. Ew.

Benarkah Sering Lembur Bikin Kita Cepat Tua? | Breaktime
Tidur yang cukup mencegah penuaan dini

Penyebab dari luar lainnya adalah sinar matahari. Kalau Anda sering bekerja di luar ruangan, nih, dan terkena paparan sinar ultraviolet, maka sel darah dan sel kulit Anda akan melemah, sehingga memicu terjadinya degradasi pada tekstur kulit. Seperti yang dinyatakan oleh Clinical Cosmetic and Investigational Dermatology, sinar UV merupakan penyebab 80% penuaan kulit wajah.

Inilah mengapa sangat penting untuk selalu memakai sunscreen, apalagi kalau Anda sayang pada kulit Anda. Nah, dari dalam juga ada faktor penyebab penuaan, lho. Hm, apa Anda suka marah dan dendam? Coba, belajar untuk menghilangkan kebiasaan ini. Itu karena kalau Anda menyimpan dendam, maka hormon kortisol ikut meningkat dan menyebabkan tekanan darah tinggi. Horor, kan.

Karena itulah, jangan suka dendam pada orang lain, ya. Justru itu akan membuat Anda mendapatkan akibat buruk bagi diri sendiri. Learn to let things go, B’timers. So, setelah tahu kebiasaan-kebiasaan buruk yang menyebabkan penuaan tadi, mulai sekarang dihindari, ya? (md)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
GUIDE