Benarkah Obsesi Itu Passion Terselubung? | Breaktime
Benarkah Obsesi Itu Passion Terselubung?
29.12.2016
“Passion is the genesis of genius” -Galileo

B’timers tentu sering mendengar istilah passion. Tapi, memang terkadang passion sendiri memiliki makna ambigu, hobi merupakan salah satu bagian dari passion akan tetapi tidak dapat diartikan secara utuh sebagai passion.

Hal ini dikarenakan pada dasarnya hobi bisa saja berganti, hobi bisa saja bosan dan hobi bisa saja hanya sekedar pengisi waktu luang. Berbeda dengan passion, karena passion tak akan mengenal bosan, passion tak akan pernah mengenal lelah.

Jika Anda senang dan hobi menulis maka apakah bisa dipastikan Anda benar-benar ingin menjadi seorang penulis? Belum tentu, bukan.

Lalu bagaimana dengan obsesi? Obsesi sendiri merupakan keadaan seseorang yang memiliki keinginan terhadap sesuatu dan sebisa mungkin untuk meraih keinginan tersebut. Berakar dari kata ‘keinginan’ adalah sisi kesamaan antara passion dan obsesi, namun apakah yang membedakan keduanya?  

Obsesi sendiri biasanya memiliki jangka waktu yang relatif pendek sedangkan passion bersifat long term. Akan tetapi memang tidak dipungkiri jika obsesi adalah salah satu bagian dari passion itu sendiri.

Hal ini semakin dipertegas menurut teori Dr. Robert Vallerand dari Universitas Quebec, yang telah mempelajari tentang passion selama bertahun-tahun, ia mengungkapkan bahwa passion adalah tentang mendefinisikan diri sendiri.

Passion adalah melakukan aktivitas yang dicintai, di mana itu sangat penting dan seseorang mendedikasikan nyaris seluruh waktu dan energinya untuk passion mereka.

Benarkah Obsesi Itu Passion Terselubung? | Breaktime
Berkumpul dengan orang-orang yang memiliki passion sama, seru!

Well, ada tanda-tanda yang menunjukkan tentang passion itu sendiri, yang bahkan mungkin selama ini tidak Anda sadari. Orang yang passionate umumnya terobsesi. Yes, tidak seperti obsesi yang negatif, namun yang sehat dan positif.

Karena mereka selalu merasa excited saat berkutat dengan passion-nya, maka apapun yang terjadi, pikiran dan action mereka akan selalu kembali pada passion tersebut. It’s like married, but to the passion.

Lalu, tidak membuang waktu dan selalu optimis. Tidak akan ada waktu luang untuk melakukan hal-hal yang tidak penting. Mungkin orang lain yang melihat akan menilainya mager alias malas gerak, namun orang passionate bisa menghabiskan berjam-jam, bahkan berhari-hari melakukan passion mereka, dan kebosanan hanya selingan yang lewat.

So, mungkin Anda menemukan tanda-tanda ini di diri Anda? Di mana, Anda adalah orang yang sibuk sepanjang waktu bergelut dengan passion Anda. Dan soal obsesi diri, besar kemungkinan itu sebenarnya adalah passion Anda yang terselubung.

This is good, because you are on the right path already! Namun, perlu diingat bahwa kesibukan non-stop Anda juga membutuhkan fisik yang bugar dan pikiran yang segar. Karena itulah, Anda perlu selalu menjaga kesehatan.

Apapun passion Anda, lagi-lagi investasi kesehatan adalah hal yang juga tak kalah penting. Mempersiapkan investasi kesehatan juga salah satu antisipasi hal-hal buruk yang bisa saja mengancam Anda dalam mewujudkan passion.

Untuk itu pilihlah produk investasi kesehatan yang memang sesuai budget dan kebutuhan sejak dini. Finding your passion isn’t just about careers and money. It’s about finding your authentic self. Tetap percaya diri dan stay positive ya, B’timers.

Share This Article