Benarkah Minum Susu Bisa Mengurangi Stress? | Breaktime
Benarkah Minum Susu Bisa Mengurangi Stress?
23.05.2015

Ketika tugas menumpuk, pekerjaan banyak yang belum tuntas, serta masalah muncul bertubi-tubi, ujung-ujungnya rasa stress pasti datang menghadang. Dalam keadaan yang serba rumit, B’timers pun terpikir untuk minum segelas susu hangat yang katanya bisa meredakan stress. Benarkah demikian?

Kandungan lactium, salah satu jenis protein yang terdalam segelas susu dapat menurunkan kadar kortisol dalam darah. Kortisol sendiri merupakan hormon yang dapat memicu rasa stress. Selain dapat menurunkan jumlah kortisol, mengonsumsi susu juga dapat menurunkan tekanan darah dan menjadikan tubuh dalam kondisi rileks. Selain protein, juga ada kandungan lain dalam susu yang dapat menurunkan kadar kortisol, yaitu vitamin D.

Namun bagi Anda yang memiliki alergi terhadap asam laktat yang terdapat dalam susu, bisa mengonsumsi sayuran atau buah-buahan yang kaya kandungan vitamin D, seperti halnya asparagus, kacang almond, blueberries, dan juga olahan daging.

Salad asparagus bisa dijadikan makanan pengusir stres bagi Anda yang memiliki alergi produk susu
Salad asparagus bisa dijadikan makanan pengusir stres bagi Anda yang memiliki alergi produk susu

Selain mengonsumsi susu dan makanan-makanan yang bisa menekan produksi kortisol dalam tubuh, Anda juga perlu menghindari kafein dan alkohol untuk mengurangi stress, seperti yang disampaikan oleh Tara Geise, seorang pakar diet sekaligus juru bicara American Dietic Association. 

Well B’timers, mulai saat ini jangan biarkan segelas susu hangat absen dari menu harian Anda, ya. Tak cuma baik untuk tubuh, susu juga bisa mengurangi stress dan bikin hari Anda lebih menyenangkan!

Share This Article