Benarkah Menulis Bikin Kita Semakin Pintar? | Breaktime
Benarkah Menulis Bikin Kita Semakin Pintar?
29.01.2016

B’timers punya buku harian yang selalu merekam kejadian seru setiap hari? Mungkin beberapa orang akan mencibir ketika mendengar buku harian. “Hanya para remaja saja yang menghabiskan waktu dengan menulis semua curahan hatinya setiap malam di atas lembaran buku warna warni”.

Wow, tunggu dulu! Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa setiap orang harus menulis. Dan, itu bukan hanya berlaku bagi para penulis profesional. Sama seperti semua orang harus menyanyi. Entah itu sebagai sarana menuangkan kreativitasnya, atau hanya sekedar menjernihkan pikiran saja, menulis atau menyanyi harus Anda lakukan. Mengapa? Ini alasannya.

Benarkah Menulis Bikin Kita Semakin Pintar? | Breaktime
Dear Diary bukan hanya untuk abg saja

1.Menulis membuat Anda bahagia

Dengan menuliskan apa yang Anda pikirkan, akan membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi tingkat stres, lho. Berdasarkan penelitian, menulis tentang mimpi dan tujuan hidup bisa membuat seseorang lebih bahagia dan sehat.

2.Menulis membuat Anda berpikir dan berkomunikasi lebih baik

Kemalasan mengkreasikan kata dan kalimat akan menciptakan kesulitan dalam mengungkapkan perasaan, bahkan berkomunikasi dengan orang lain. Saat menuliskan hal-hal yang ada di pikiran, Anda akan melihat apakah ide-ide tersebut cocok ketika diucapkan secara langsung. Karena menulis membantu kita menyerap informasi dan belajar lebih baik, B’timers.

Benarkah Menulis Bikin Kita Semakin Pintar? | Breaktime
Seorang mahasiswa menulis di perpustakaan

3.Menulis membuat otak tetap tajam

Menulis merupakan latihan berpikir. Memang sering disebutkan bahwa menulis dengan tangan lebih baik daripada menggunakan komputer atau telepon genggam. Namun, selama Anda menggunakan otak ketika menulis, hal itu tidak masalah.

4.Menulis membuat Anda lebih bersyukur

Terlepas dari “Dear Diary,…”, sebagai manusia, ketika menuliskan sesuatu yang baik, akan meningkatkan pandangan terhadap kehidupan. Minimal, tuliskan 1 hal saja yang terjadi dan menurut Anda paling membahagiakan dalam sehari, Anda pasti akan mensyukuri hal tersebut, kan?

5.Menulis membuat Anda belajar lebih baik

Masih ingat tidak, saat sekolah Anda diwajibkan menulis atau membuat rangkuman dari mata pelajaran tertentu? Itu karena saat menulis otak kita minimal 3 kali membaca. Karena itulah menulis disebutkan merupakan cara belajar yang paling baik.

Dan, apakah Anda mulai tertarik mampir ke toko buku sepulang dari kantor dan membeli sebuah diary dengan hiasan cantik di setiap lembarannya? Atau Anda lebih nyaman menuliskan semuanya menggunakan laptop? Well, entah apakah Anda menulis dengan tangan atau dengan gadget sekalipun, yang paling penting tuangkan semuanya ke dalam tulisan, ya, B’timers. (NO)

Share This Article