Benarkah Kata Dapat Mengubah Cara Berpikir? | Breaktime
Benarkah Kata Dapat Mengubah Cara Berpikir?
23.02.2016
“The words you speak become the house you live in” –Hafiz

Bagaimana menurut Anda, mengenai pepatah tersebut di atas, B’timers? Memang pada kenyataannya, cara kita berbicara memiliki dampak yang cukup kuat pada kemampuan kita untuk menjadi sukses dan bahagia, lho. Namun sayangnya, hanya sedikit dari kita yang memilih kata sebelum diucapkan. Dan benar, bahwa tongkat dan batu dapat mematahkan tulang Anda, sementara kata mengubah cara berpikir Anda.

Menurut penelitian, penggunaan kata-kata negatif dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat tubuh melepaskan hormone dan neurotransmitter. Dan hal tersebut dapat merusak memori, perasaan dan emosi Anda, B’timers. Wow, cukup mengejutkan, ya? Tapi apa alasan pilihan kata yang kita gunakan dapat mengubah pikiran, ya?

Kata yang paling kuat adalah TIDAK

Anda pasti tidak sadar, sudah berapa kali dalam sehari sudah mengatakan kata negatif tersebut, B’timers. Misalnya, “Saya tidak tahu bagaimana cara mulai menurunkan berat badan” atau, “Saya tidak bisa mengendarai mobil”. Kalimat-kalimat semacam itu menjadi petunjuk otak sebagai pernyataan keputusasaan. Karena itu, mulai sekarang coba ganti kata ‘tidak’ menjadi ‘belum’. Dengan adanya harapan dalam kalimat yang Anda katakan, sehingga otak akan merespon dengan lebih positif.

Buang kata SIBUK dari hidup Anda

Pilihan yang satu ini tampaknya sudah menjadi kata yang sangat umum, ya, B’timers? Coba pikirkan kembali, Anda bahkan bercita-cita menjadi orang sibuk, untuk membuktikan pada orang lain Anda tidak menyia-nyiakan hidup. Dan, kata ‘sibuk’ menyiratkan Anda berjuang melakukan banyak hal yang perlu diselesaikan. Akan lebih baik jika Anda menggunakan kata ‘produktif’, B’timers.

Benarkah Kata Dapat Mengubah Cara Berpikir? | Breaktime
Seorang ibu produktif bersama buah hatinya

No more SHOULDS

Karena kata mengubah cara berpikir Anda, sebaiknya Anda juga menghindari kata ‘harus’ atau ‘seharusnya’. Jika Anda ingin menunjukkan tindakan nyata atau kekuatan pribadi, ganti kata ‘harus’ dengan ‘akan’. Hal ini dapat menciptakan sebuah pernyataan yang jauh lebih kuat dari pada niat yang Anda ucapkan menggunakan kata ‘harus’.

Bukan ‘aku akan mencoba’

Lakukan atau tidak. Tidak pernah ada pilihan di antara keduanya. Mencoba melakukan suatu hal tertentu memperlihatkan Anda tidak sungguh-sungguh bermaksud melakukannya. Atau berarti Anda tidak ingin menjadi sukses. Keluarlah dari pola pikir Anda dengan menggunakan kata yang lebih positif dan kuat. Just do it or don’t, there is no try, B’timers!

Benarkah Kata Dapat Mengubah Cara Berpikir? | Breaktime
Don’t be afraid to do something you want

Mulailah untuk berbicara lebih positif mulai saat ini, karena kata mengubah cara berpikir. Anda tentu tidak ingin hidup dipenuhi dengan hal-hal negatif, bukan?  (NO)

Share This Article