Benarkah Gamer Lebih Cerdas? Ini Faktanya!
Benarkah Gamer Lebih Cerdas? Ini Faktanya!
25.01.2016

Super Mario, Tetris, Clash of Clans, DotA, Fallout, ataupun Final Fantasy, tentu tak asing ditelinga para pecinta game. Namun, bila Anda tak suka bermain game, barangkali semua jenis game tersebut terdengar begitu asing di telinga. Bahkan, tidak sedikit orang yang tak suka bermain game melihat aktivitas para gamers terkesan tidak produktif. Padahal, tak sedikit jutawan yang menjadikan game sebagai ladang penghasilannya.
Tak cukup sampai disitu, para ilmuwan juga mengungkapkan bahwa gamer memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dibanding non-gamer. Bahkan, kebiasaan bermain game akan membantu Anda melatih pengambilan keputusan, pencapaian tujuan serta meningkatkan kreativitas.
Jika masih tak percaya, berikut 3 penelitian yang menunjukkan bahwa tak selamanya bermain game hanya membuang-buang waktu.

 

Game bisa menjadi penghilang stres
Game bisa menjadi penghilang stres

Game meredakan stres

Sebuah penelitian dari East Carolinya University, mengungkapkan bahwa video game mampu meredakan stres dan menjadi salah satu cara terbaik untuk menghilangkan kebosanan. Saat bosan, kebanyakan orang akan menghabiskan waktunya bermain di media sosial, menonton TV, ataupun makan tak terkontrol.

Tapi, gamer memiliki caranya sendiri untuk menghapus kebosanan dan meredakan stres. Langkah ini, dapat membantu Anda menjalani hari dengan lebih menyenangkan. Sedangkan untuk jangka panjang, Anda akan merasa lebih damai dan merasa santai baik pikiran, jiwa ataupun tubuh.

Game meningkatkan kecerdasan hingga 20%


Anda yang tak menggemari game, mungkin akan menolak mentah-mentah pernyataan tersebut. Namun, penelitian oleh Department of Defense mengungkapkan bahwa gamer memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dibanding non-gamer.
Saat bermain game, Anda dituntut untuk meningkatkan kemampuan persepsi dan memori jangka pendek, serta mempertahankan fokus dengan lama.

Jika dilakukan terus menerus, bermain game sama halnya dengan latihan otak yang akan meningkatkan pikiran serta kemampuan otak. Selain itu, gamer biasanya sangat dekat dengan perkembangan teknologi karena mereka belajar tentang teknologi baru dan cara menggunanakannya secara langsung. Secara tidak langsung, aktivitas ini tentu akan memperluas wawasan gamer.

 

 

Tantangan dalam game membuat seseorang lebih kreatif
Tantangan dalam game membuat seseorang lebih kreatif

Game meningkatkan kreativitas

Game dengan caranya yang unik juga mampu meningkatkan kreativitas seseorang. Sebagai contoh, game yang menantang B’timers untuk membangun sebuah gedung dari nol dengan konsep sendiri mau tidak mau akan merangsang imajinasi Anda.

Selain itu, gamer juga dituntut untuk mengkombinasikan sesuatu yang tak saling berhubungan untuk menyelesaikan tantangan menarik lainnya. Uniknya, kreatifitas ini tak hanya bisa dimanfaatkan di dunia game, tapi juga dalam kehidupan nyata.

Tentunya, berbagai manfaat ini bisa dirasakan jika Anda memiliki manajemen waktu yang baik saat bermain game. Sebab, bermain game secara berlebihan hanya akan memalingkan Anda dari aktivitas berproduktif lainnya. (dfr)

 

Share This Article