Waspada! Diabetes dapat Merusak Kecerdasan Otak | Breaktime
Benarkah Diabetes Bisa Menurunkan Kecerdasan Otak?
28.07.2015

Selama ini, penyakit diabetes memang lebih banyak dikenal merusak sejumlah organ seperti ginjal dan hati. Ini karena kedua organ tersebut bekerja ekstra untuk mengatur kadar gula darah berlebih dalam tubuh. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata penyakit diabetes juga menyerang otak penderitanya?

Hal inilah yang ditemukan oleh seorang peneliti dari Harvard Medical School dan Beth Israel Deaconess Medical Centre,   dokter Vera Novak. Selama dua tahun, ia dan rekannya melakukan penelitian berupa tes koginitif pada penyandang diabetes tipe 2 dan orang yang sehat.

Selama dua tahun itulah ia melakukan perbandingan hasil tes kognitif. Ternyata, penyandang diabetes memiliki skor kognitif yang lebih rendah dibandingkan dengan hasilnya tahun lalu. Sementara itu, mereka yang tidak memiliki penyakit diabetes justru tidak menunjukkan perubahan signifikan.

Kemampuan kognitif otak penderita diabetes menurun
Kemampuan kognitif otak penderita diabetes menurun

Menurut Novak, hal ini terjadi karena kemampuan vasodilitasi atau pelebaran diameter pembuluh darah yang terjadi ketika otot-otot di dinding pembuluh darah mengendur mulai berkurang. Oleh karena itu, otot memiliki sumber data yang lebih sedikit untuk melakukan tugas apapun.

Uniknya, kontrol gula darah saja tidak cukup untuk mengatasi masalah penurunan kognitif. Vera menuturkan bahwa saat ini dibutuhkan obat baru untuk meningkatkan reaktivitas pembuluh darah pada penyandang diabetes.

Oleh karena itu, tak ada salahnya bila sejak usia muda B’timers mulai membiasakan diri untuk benar-benar melakukan gaya hidup sehat dan pola makan sederhana. Upayakan untuk menghindari sejumlah makanan yang mengandung kadar gula tinggi yang berisiko untuk merusaj kesehatan tubuh dalam jangka waktu panjang.

Terlebih bagi Anda yang memiliki bakat genetik menderita penyakit diabetes, perbanyaklah waktu untuk melakukan olahraga secara rutin. Dengan begitu, peluang B’timers untuk terkena penyakit diabetes akan menurun dan kemampuan otak pun tetap terjaga hingga usia lanjut.

Share This Article