Sahabat Sejati atau Hanya Ingin Memanfaatkan ? | Breaktime
Benarkah Dia Sahabat Sejati atau Hanya Ingin Memanfaatkan Anda?
13.11.2015

Betapa beruntungnya hidup di dunia ini didampingi dengan orang-orang istimewa yang senantiasa ada dalam suka maupun duka yang kita sebut dengan sahabat. Meski tidak lahir di rahim yang sama, terkadang sahabat akan mampu  bertindak seperti keluarga bahkan jauh melebihi keluarga. Beruntunglah mereka yang memiliki sahabat-sahabat yang dibanggakan. Ketahui tanda bahwa ia benar-benar sahabat dengan 5 ciri berikut:

Mendorong untuk mencintai diri sendiri

Sahabat Sejati atau Hanya Ingin Memanfaatkan ? | Breaktime
Sahabat akan mendorong Anda untuk selalu berkembang dan semakin mencintai diri sendiri

Sahabat yang baik akan memberikan dorongan untuk terus maju, mendukung ketika terpuruk, dan ingin Anda bisa mencintai diri sendiri. Dengan mencintai diri sendiri Anda akan senantiasa bersukur dengan apa yang dimiliki sekarang. Dengan tidak banyak mengeluh akan kekurangan diri sendiri, Anda akan merasakan keindahan hidup.

Mengingatkan ketika salah

Semua orang pernah melakukan kesalahan, tak terkecuali dengan Anda. Seorang sahabat, ketika melihat Anda sedang melakukan kesalahan bukannya malah menghindar ataupun membiarkannya saja. Mereka akan senantiasa mengingatkan Anda dengan jalan yang benar tanpa merasa dihakimi.

Benar-benar mendengarkan

Sahabat Sejati atau Hanya Ingin Memanfaatkan ? | Breaktime
Sahabat akan senantiasa mendengarkan segala celotehan Anda

Ada sebagian orang yang mendengarkan karena sekedar ingin tahu saja. Ada sebagian orang yang mendengarkan karena terpaksa. Namun, sahabat yang baik akan senantiasa memberikan waktu sibuknya untuk bisa sekedar mendegarkan keluh kesah dan cerita yang ingin Anda utarakan.

Menurut seorang listening expert, Paul Sacco, Ph. D yang juga seorang asisten profesor di Universitas Maryland School of Social Work, salah satu kunci untuk bisa berkomunikasi yang baik dan seimbang adAlah memberikan perhatian yang lebih pada orang lain. Maka dari itu, sahabat yang baik tentu saja rela menghabiskan banyak waktunya hanya untuk mendengar celotehan Anda yang terkadang tidak penting.

Selalu mendukung dalam suka maupun duka

Bukan mereka yang senantiasa mendukung Anda di kala sukses. Melainkan mereka yang mendukung ketika Anda masih dalam posisi dasar. Senantiasa memberikan dukungan baik itu secara moral dan material. Mereka yang mengganggap Anda sebagai sahabat akan senantiasa menamani dalam suka dan duka bukan pada saat sukses saja.

Membuat Anda merasa tenang

Sahabat Sejati atau Hanya Ingin Memanfaatkan ? | Breaktime
Hanya hadir saja tanpa berbicara sudah membuat Anda tenang

Bahkan, sahabat yang baik bisa membuat Anda nyaman hanya dengan kehadirannya, tanpa melakukan apapun. Mereka bisa tahu Anda sekarang ini sedang dalam keadaan apa tanpa bertanya, sedih, senang, atau bahkan menderita. Dan mereka bisa menempatkan dirinya untuk senantiasa membuat Anda bisa bangkit dari berbagai hal yang menyebabkan keterpurukan.

Jika Anda memiliki seorang sahabat dengan 5 ciri di atas, jangan pernah dilepaskan. Dia adalah sebuah anugerah yang diturunkan Tuhan untuk Anda. (ya)

Share This Article