Benarkah Binatang Peliharaan Bisa Menyembuhkan Depresi Pemiliknya? | Breaktime
Benarkah Binatang Peliharaan Bisa Menyembuhkan Depresi Pemiliknya?
22.08.2015
“We can judge the heart of a man by his treatment of animals.”—Immanuel Kant

Hal apa yang paling sering B’timers lakukan saat merasa down atau depresi? Mengurung diri di kamar? Ngemil makanan tak sehat sambil nonton film? Well, tahukah Anda bahwa memiliki binatang peliharaan di rumah ternyata bisa bikin Anda merasa lebih baik? Nah, berikut manfaat memelihara binatang bagi kesehatan mental pemiliknya:

Mengatasi depresi

Seorang psikiatris dan direktur penelitian tentang depresi di UCLA, Ian Cook, MD mengatakan bahwa binatang peliharaan mampu menghadirkan rasa cinta yang sangat bagus bagi orang yang tengah mengalami depresi.

Memberikan cinta yang sederhana

Apakah penyebab depresi Anda dikarenakan hubungan keluarga atau percintaan yang terasa begitu rumit? Teri Wright, PhD,  seorang psikolgis di rumah sakit swasta Santa Ana, California menuturkan bahwa binatang peliharaan mampu membuat Anda merasakan cinta yang sederhana. B’timers tak perlu cemas akan menyakiti perasaan mereka atau mendapatkan saran menusuk yang tak ingin Anda dengar.

Menghadirkan rasa tanggung jawab

Seorang penyair ternama Indonesia, Goenawan Mohamad pernah berujar bahwa definisi kesepian yang sebenarnya adalah hidup tanpa tanggung jawab sosial. Nah, belajarlah untuk mulai mengambil tanggung jawab dengan merawat binatang peliharaan yang lucu. Dengan begitu, Anda akan merasa bahwa keberadaan Anda sangat berarti dan dibutuhkan.

Menghadirkan rutinitas pasti

Benarkah Binatang Peliharaan Bisa Menyembuhkan Depresi Pemiliknya?

Merawat binatang akan menghindarkan Anda dari kegiatan tak produktif

Selain itu, adanya hewan peliharaan di rumah juga bikin B’timers punya rutinitas pasti. Rutinitas inilah yang sangat baik untuk memerangi depresi. Tak ada waktu luang untuk banyak melamun. Anda harus bergegas untuk memandikan hewan peliharaan, memberinya makan, atau bahkan segera membawanya ke dokter bila “sahabat” Anda tersebut sedang sakit.

Memunculkan interaksi sosial

Berdiam diri di rumah tanpa melakukan interaksi sosial sama sekali jelas akan membuat Anda merasa worthless. Nah, Anda bisa mengatasinya dengan membelai lembut binatang peliharaan atau bahkan mengajaknya bicara. Pada awalnya, ini mungkin terlihat konyol, tapi percayalah bahwa Anda bisa merasa lebih baik.

Bagaimana? Apakah B’timers mulai tertarik untuk memiliki hewan peliharaan lucu yang bisa jadi sahabat setia ketika Anda sedang sedih? Let’s have one!

Share This Article