Benarkah Bahagia Itu “Virus” yang Bisa Menular Cepat? | Breaktime
Benarkah Bahagia Itu “Virus” yang Bisa Menular Cepat?
27.08.2015
“The best way to multiply your happiness is to share it with others”

Percayakah B’timers kalau berdekatan dengan orang yang sedang bahagia ternyata juga bisa switch our mood so much better? Yap, bahagia itu memang menular! Hal ini pun dibenarkan oleh Dr. James Fowler, seorang profesor yang bergelut di dunia ilmu sains dan alam di University of California, San Diego.

Menurutnya, bahagia itu ibarat “virus” yang bisa menyebar begitu cepat dalam jaringan sosial. Dan makin banyak B’timers melihat orang yang bahagia, makin besar pula peluang Anda untuk merasakan hal yang sama. Wow, menarik sekali, bukan?

Dengan menggunakan sistem standar dari the Center for Epidemiological Studies Depression Index, Dr. Fowler dan Dr. Nicholas Christakis, seorang profesor dari Harvard University, menemukan empat pengaruh unik ketika seseorang bahagia pada lingkungan sekitarnya:

  • Tetangga di sebelah rumah punya peningkatan rasa bahagia sebanyak 34%
  • Teman yang melihat satu senyuman punya peningkatan rasa bahagia 25%
  • Saudara Anda mengalami peningkatan bahagia 14%
  • Pasangan punya peningkatan bahagia sebanyak 8%

Studi ini sendiri sebenarnya juga sudah dilakukan oleh para peneliti Harvard dengan melibatkan 4.739 orang selama kurun waktu 20 tahun. Mereka menemukan bahwa rasa bahagia tersebut memang tidak datang sendiri, tapi sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar.

Baca juga: SEJAUH MANA NAMA PENGARUHI KEHIDUPAN DAN KESUKSESAN ANDA?

Ciptakan obrolan random yang fun dan berujung tertawa bersama dengan teman
Ciptakan obrolan random yang fun dan berujung tertawa bersama dengan teman

Dr. Christakis juga mengungkap bahwa uniknya, rasa bahagia itu muncul tak hanya karena ditularkan oleh orang yang dikenal saja. Mereka yang tak dikenal sama sekali juga bisa mempengaruhi emosi dan bikin bahagia.

Hanya saja, virus bahagia tersebut memang akan terasa lebih kuat penularannya bila didapat dari orang-orang terdekat. Tak heran bila tetangga ceria dan baik hati memiliki pengaruh yang begitu besar pada kebahagiaan Anda.

Lalu, hal apa saja yang bisa Anda lakukan untuk menularkan kebagiaan pada orang lain? Well,  Anda bisa memulainya dengan percakapan random dengan teman dekat. Percakapan random  yang ringan ini tak jarang berujung pada respon suara lucu dan secara spontan menjadikan otot wajah Anda tersenyum.

Sekadar menunjukkan rasa peduli pada sesama juga bisa mengubah mood jadi lebih baik. Ketika seseorang memberikan perhatian tulusnya, maka tanpa sadar Anda pun agar tergerak untuk membalas kebaikannya. Rasa saling berlomba untuk berbalas kebaikan inilah yang menciptakan atmosfer hangat dan menentramkan di hati.

Sekarang, giliran B’timers yang menjadi penular virus bahagia hari ini dan bersiaplah akan kebahagian berlipat yang akan menghampiri Anda kembali. Are you ready for doing this fun job? Let’s start it now! 

Share This Article