Beda Seniman Amatir dengan yang Profesional | Breaktime
Beda Seniman Amatir dengan yang Sudah Profesional
30.09.2016
“Art doesn’t have to be pretty. It has to be meaningful” – Duane Hanson

Seniman adalah pekerjaan Anda, B’timers? Yang menarik dari pekerjaan sebagai seniman adalah, Anda bisa menuangkan seluruh ide tanpa campur tangan orang lain dan tidak ada bos yang terus memerintah. Namun tetap saja ada tanggung jawab yang harus hadapi setiap seniman. Nah, di bawah ini beda antara seniman amatir dengan yang sudah profesional, B’timers!

Beda Seniman Amatir dengan yang Profesional | Breaktime
Jika sudah fokus, jangan harap dia tahu Anda ada

Profesional bekerja dengan kesabaran tinggak tinggi

Bagi para seniman amatir, mereka hanya ingin pekerjaannya selesai secepat mungkin. Dan tidak jarang mereka melakukan hal yang tidak seharusnya demi mencapai tujuan tersebut, B’timers. Namun seniman profesional selalu bekerja dengan kecemerlangan dan kesabaran tingkat tinggi.

Amatir mengunci diri dari hubungan dengan yang lain

Sementara profesional mampu menjaga jaringan dan hubungan dengan rekan-rekannya yang lain, demi meningkatkan kualitas dan jiwa seninya, hal sebaliknya ditemukan pada seniman amatir. Ya, para amatir selalu mengisolasi diri dari setiap orang yang datang dan menyombongkan diri.

Seni merupakan alasan profesional ada di dunia ini

Well, seni bisa jadi hanya sekedar hobi atau pekerjaan utama dari seseorang. Dan hal yang membedakan seniman amatir dengan seniman profesional adalah rasa puas akan tercipta karya-karyanya. Profesional menganggap karyanya adalah hidupnya. Dan mengabdikan diri pada dunia seni.

Beda Seniman Amatir dengan yang Profesional | Breaktime
Bukan cepatnya, tapi hasil akhirnya yang sempurna

Mereka yang amatir lebih sering mengabaikan detail

Karya kreatif bukanlah tindakan egois dari seorang seniman profesional. Jika seniman amatir hanya ingin mendapatkan hasil, sehingga tidak melihat proses dan pentingnya detail. Lain halnya dengan profesional yang menuangkan segalanya demi untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Bukan hanya menunggu inspirasi, tapi pergi berburu!

Untuk menghasilkan karya, Anda hanya perlu menutup mata dan bernyanyi. Inilah yang dikatakan oleh Pablo Picasso, B’timers. Seniman profesional tidak menunggu inspirasi datang padanya, melainkan pergi keluar untuk berburu inspirasi dan menemukan mood yang tepat di manapun.

Nah, dari perbedaan di atas, Anda termasuk profesional, atau masih amatir, nih, B’timers? (NO)

Share This Article