Bebas Lupa Bukan Hal Mustahil, Ini Caranya! | Breaktime
Bebas Lupa Bukan Hal Mustahil, Ini Caranya!
13.06.2015

Kita memang dibekali otak dan kecerdasan luar biasa sebagai manusia. Dengan kemampuan berpikir yang dimiliki otak, manusia melakukan berbagai aktivitas, bersosialisasi dan berkomunikasi, menciptakan penemuan-penemuan baru yang semakin mutakhir dan berguna bagi kepentingan seluruh dunia. Nah, tentu semuanya juga berakar pada daya ingat, bukan?

Kita mengimplementasikan sesuatu yang telah kita pelajari dalam berbagai hal, dan itu juga menjadi fungsi dari ingatan.Tapi harus diakui, seringkali kita juga terlupa akan sesuatu, entah itu sekedar kunci yang tertinggal sampai janji yang penting sekalipun. Ya, lupa adalah hal yang sangat umum terjadi dan bisa dialami oleh siapa saja. How to deal with it? Berikut kiat-kiat sederhananya!

Tetap aktif bergerak

Jika kita bergerak aktif, tak hanya bentuk tubuh yang terjaga, tetapi juga daya ingat otak kita. Lakukan kegiatan seperti mengisi teka-teki silang, membaca koran atau majalah dan belajar bermain musik.

Sering bersosialisasi

Interaksi sosial membantu mengurangi stress dan depresi, yang bisa mencegah penurunan daya ingat. Habiskan waktu dengan keluarga, teman dan orang lain, terutama jika Anda tinggal sendiri.

Hidup tertib dan rapi

Jika keadaan rumah kacau dan berantakan, Anda cenderung lebih mudah terlupa dengan benda-benda milik Anda. Tata rumah dengan rapi dan catat semua kegiatan yang harus dilakukan untuk memudahkan Anda mengingat.

Rumah yang rapi dan bersih juga berpengaruh terhadap daya ingat kita
Rumah yang rapi dan bersih juga berpengaruh terhadap daya ingat kita

Tidur nyenyak

Tidur berperan sangat penting untuk mengumpulkan ingatan-ingatan Anda. Pastikan waktu tidur Anda sehari cukup, yakni 8 jam per hari, agar tingkat memori Anda tak mudah menurun.

Diet yang sehat

Tak hanya untuk tubuh ideal, diet sehat juga dapat bekerja dengan baik untuk otak. Makanan seperti buah, sayuran, biji-bijian, dan juga protein rendah lemak serta minum cukup air dapat mempertajam daya ingat.

Mari senantiasa menjaga kesehatan. Tak hanya tubuh, perhatikan juga kesehatan otak kita agar daya ingat tetap kuat dan tak mudah jadi pelupa. Stay active, B’timers!

Share This Article