Bagaimana Sih, Cara Mengatasi Demam Panggung? | Breaktime
Bagaimana Sih, Cara Mengatasi Demam Panggung?
10.02.2016

Oh, tidak, Anda diminta mempresentasikan proposal di depan klien akhir bulan nanti! Atau sekolah putri Anda mengundang semua orangtua murid berprestasi untuk menjadi pembicara di pelepasan siswa. Bahkan hanya membayangkannya saja, telapak tangan Anda sudah berkeringat dan detak jantung tidak menentu.

Entah apakah hanya ada 5 atau 50 penonton yang akan hadir, berbicara di depan umum bisa menjadi sebuah pengalaman mendebarkan bagi kebanyakan orang. Perut terasa melilit, tenggorokan sekering gurun tandus di musim kemarau. Bahkan orang paling cerewet sedunia bisa jadi kehilangan kemampuan membuka mulut di hadapan orang asing. Hmm, bagaimana ya, caranya mengatasi demam panggung, B’timers?

Apa yang terjadi di otak?

Saat Anda memikirkan tentang konsekuensi negatif, bagian dari otak yang disebut hipotalamus mengaktifkan dan memicu kelenjar pituitary untuk mensekresi hormon ACTH. Hormon ini merangsang kelenjar adrenal dalam ginjal dan menyebabkan pelepasan adrenalin ke dalam darah Anda.

1.Teknik relaksasi

Anda bisa mempelajari beberapa teknik relaksasi seperti hipnosis dan biofeedback. Relaksasi merupakan cara terbaik untuk menghadapi stres yang biasa Anda alami menjelang acara. Pijat shiatsu merupakan terapi oriental kuno yang memanfaatkan titik tekanan untuk meredakan gejala stres.

Bagaimana Sih, Cara Mengatasi Demam Panggung? | Breaktime
Pijatan dapat mengurangi kecemasan

2.Latihan

Alihkan energi yang menyebabkan stres. Cara terbaik adalah berolahraga. Lakukan beberapa latihan fisik sederhana sebelum pergi ke tempat tersebut. Dan sebelum tirai panggung dibuka, gosok kedua tangan Anda dengan cepat, kemudian jabat tangan Anda, lanjutkan dengan bernapas secara normal.

3.Pernapasan

Anda bisa melakukan latihan meditasi atau mengatur pernapasan untuk menghilangkan stres, B’timers. Belajarlah untuk bernapas dalam-dalam. Setidaknya sebanyak 25 kali setiap latihan, tarik napas panjang dan keluarkan perlahan. Dengan cara ini tubuh dan pikiran Anda akan rileks.

4.Praktek

Ungkapan ‘practice makes perfect’, memang benar. Salah satu cara mengatasi demam panggung adalah dengan sering berlatih. Beberapa kecemasan datang karena Anda takut tidak menguasai topik dengan baik. Melalui latihan rutin, kepercayaan diri Anda pun akan meningkat sehingga mengurangi stres.

5.Diet

Makanan yang Anda konsumsi ternyata mempengaruhi tingkat kecemasan, lho, B’timers! Sebaiknya hindari kopi, teh, dan minuman yang mengandung alkohol. Karena kafein dan alkohol justru dapat menambah kegelisahan. Anda juga disarankan menjauhi minuman berkarbonasi.

Bagaimana Sih, Cara Mengatasi Demam Panggung? | Breaktime
Hindari minuman bersoda

Dan tips terakhir yang dapat mengatasi demam panggung Anda adalah dengan minum air mineral beberapa teguk. Hal ini untuk mencegah mulut terlalu kering. Anda sudah siap untuk menampilkan yang terbaik, B’timers? (NO)

Share This Article