Awas, Kebiasaan Kecil Ini Jadi Penyebab Insomnia | Breaktime
Awas, Kebiasaan Kecil Ini Jadi Penyebab Insomnia!
26.03.2016

Insomnia merupakan salah satu masalah tidur yang cukup menganggu. Tak hanya menggangu waktu tidur Anda tiap harinya, insomnia juga menyebabkan beragam ketidaknyamanan lain karena tubuh tidak beristirahat dengan optimal. Jika insomnia sering terjadi, mungkin sejumlah kebiasaan penyebab insomnia yang “sepele” ini masih sering B’timers lakukan. Apa saja ya?

Tidur terlalu awal

Yup, masalah insomnia tentu saja merupakan masalah dimana Anda tak bisa segera memejamkan mata di malam hari. Namun, tahukah Anda bahwa tidur terlalu awal juga dapat menjadi penyebab insomnia? Untuk itu, jadwalkan waktu tidur Anda dengan tepat tiap harinya.

Tak punya rencana dan jadwal tidur yang baik

Rutinitas tidur yang baik tentu saja dapat mempengaruhi waktu tidur Anda tiap harinya. Untuk merencanakan dan menjadwalkan tidur, luangkan waktu 60 sebelum tidur. Dalam 60 menit ini, lakukan beberapa hal penting, persiapan untuk esok pagi, ataupun dengan bersantai di ranjang empuk Anda.

Awas, Kebiasaan Kecil Ini Jadi Penyebab Insomnia | Breaktime
Kurangi asupan kafein untuk mencegah insomnia

Terlalu banyak kafein

Kafein merupakan salah satu kunci untuk tetap terjaga sepanjang malam. Anda mungkin berpikir bahwa kafein hanya memiliki efek selama beberapa jam, padahal nyatanya kafein dapat mempengaruhi tubuh hingga 10 jam. Untuk itu, batasi asupan kafein harian Anda untuk memastikan tubuh terhindar dari insomnia.

Kecemasan

Merasa cemas tau bahkan stres sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur Anda. Bahkan, kecemasan yang terjadi sebelum tidur dapat menganggu dungsi otak pada hari berikutnya. Untuk itu, coba redakan kecemasan dan stres sebelum Anda pergi tidur.

Menggunakan gadget sebelum tidur

Saat ini, penggunaan gadget menjelang waktu tidur merupakan hal yang sangat wajar dilakukan. Padahal, aktivitas yang dilakukan ketika menggunakan gadget dapat mempengaruhi otak untuk mengusir rasa kantuk sehingga hal ini juga menjadi kebiasaan penyebab insomnia. Jadi, jauhkan gadget sebelum Anda tidur ya, B’timers.

Awas, Kebiasaan Kecil Ini Jadi Penyebab Insomnia | Breaktime
Masih sering bermain gadget menjelang tidur?

Melihat jam

Saat kesulitan tidur, sebaiknya hindari untuk melihat jam. Saat melihat jam, otak otomatis akan melakukan perhitungan matematis untuk menentukan berapa lama lagi waktu yang Anda punya untuk tidur. Hal ini bukannya membantu, tapi malah dapat menyebabkan kecemasan berlebih.

Perkiaraan waktu tidur

Setiap orang membutuhkan waktu tidur yang berbeda dengan orang lain karena dipengaruhi oleh kegiatan serta kondisi fisiknya. Jadi, jangan berpikir bahwa Anda membutuhkan waktu 8 jam perhari untuk tidur. Jika Anda hanya tidur 6 jam namun merasa segar sepanjang hari, ini merupakan jangka waktu paling ideal untuk tidur bagi Anda.

Nah, bagaimana dengan Anda B’timers? Apakah masih sering melakukan hal-hal sederhana yang sebenarnya merupakan kebiasaan penyebab insomnia ini? (dfr)

Share This Article