Awas, Ini Tanda-Tanda Stres Yang Sering Terlewat | Breaktime
Awas, Ini Tanda-Tanda Stres Yang Sering Terlewat
08.04.2017

Mengerjakan setumpuk laporan selagi berlomba dengan waktu, belum lagi menyiapkan bahan-bahan presentasi Anda untuk pertama kali dengan perasaan tak karuan karena Anda baru saja terlibat cekcok dengan pasangan atau anggota keluarga Anda, kejadian-kejadian tersebut tidak jarang membuat pikiran Anda serasa penuh dan mengakibatkan Anda stres. Kita semua tentu sudah mengetahui apakah stres itu, you know, suatu keadaan full pressureyang menguras energi Anda, dan membuat Anda ingin membenamkan diri di dalam lubang atau menyendiri di dalam kamar tidur Anda. Akan tetapi, bagaimanakah stres terjadi dan apa saja tanda-tanda stres?

Baca juga: WOW, TERNYATA STRES JUGA PUNYA MANFAAT! APA ITU?

Stres merupakan keadaan dimana tubuh Anda, terutama sistem syaraf Anda berada dalam high-defence mode dengan melepaskan berbagai macam hormon stres sebagai bentuk respons pertahanan diri dari segala bentuk ancaman (baik yang secara nyata terjadi hingga yang dipicu oleh pikiran Anda sendiri).  Sistem pertahanan diri ini adalah hal yang natural, dan walaupun sulit untuk dipercaya, sedikit kadar stres justru akan dapat membantu Anda dalam melewati kondisi kritis. Anda menjadi lebih waspada dan berhati-hati dalam bertindak. Akan tetapi, ketika kadar stres tersebut melonjak secara berlebihan, maka hal tersebut dapat berefek negatif pada kesehatan Anda. Nah, apa sajakah tanda-tanda stres?  

Awas, Ini Tanda-Tanda Stres Yang Sering Terlewat | Breaktime
Gampang marah bisa menjadi tanda-tanda stres!

Apabila Anda menyadari bahwa Anda sering lupa dimana Anda meletakkan kunci mobil dan melupakan jadwal meeting, maka bisa jadi Anda menderita stres akut. Level stres yang tinggi dapat mengakibatkan otak Anda menjadi lelah, dan dengan melemahnya otak, daya ingat Anda pun akan semakin menurun. Jika Anda menderita tanda stres di atas, sebaiknya Anda mengambil cuti selama beberapa hari untuk berlibur dan me-refresh pikiran Anda.

Saat Anda stres, tubuh Anda berada dalam kondisi overdrive dimana sistem syaraf Anda menjadi sibuk, sangat sibuk hingga mengakibatkan Anda mengalami kesulitan untuk beristirahat di malam hari. Anda akan senantiasa terpaksa berada dalam kondisi waspada, bahkan saat Anda berada dalam kondisi sangat lelah. Sebagai akibatnya, pola tidur Anda pun akan terganggu, dan rasa lelah Anda pun akan semakin menumpuk di pagi hari.

Baca juga: SULIT TIDUR? INTIP CARA MENGATASI INSOMNIA INI!

Hal lain yang menjadi tanda bahwa Anda jelas-jelas dirundung oleh rasa stres adalah kondisi emosional Anda menjadi tidak stabil. Anda mungkin jadi lebih mudah memaki-maki ketika seseorang tidak sengaja menyenggol Anda saat Anda berjalan di trotoar, atau bahkan Anda bisa juga menangis meraung-raung saat Anda tidak sengaja menjatuhkan sesuatu. Ketidakseimbangan emosi yang Anda rasakan bisa jadi merupakan ulah dari batang otak yang langsung menjadi aktif saat Anda berada dalam keadaan stres.

Beberapa tanda dari stres juga dapat Anda rasakan dari perubahan fisik Anda. Anda menjadi mudah merasa pusing, bahkan tidak jarang tubuh Anda gemetar. Hal tersebut disebabkan ketika Anda dilanda stres maka Anda cenderung akan bernapas pendek-pendek dan dalam waktu yang singkat dan mengakibatkan pasokan oksigen ke otak berkurang. Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk mengatur pernapasan Anda dengan bernapas dalam-dalam dan secara perlahan saat Anda berada dalam kondisi tertekan.

Baca juga: STRESS SEPULANG KERJA? LAKUKAN SAJA HAL-HAL INI!

Tanda stres yang lain adalah Anda mudah terkena penyakit. Stres yang terlalu berlebihan dapat berefek pada sistem kekebalan tubuh sehingga mengakibatkan Anda menjadi mudah terserang penyakit. Dan tidak hanya itu, sekali Anda terserang penyakit maka Anda membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pulih. Anda terserang flu selama berminggu-minggu? Bisa jadi tanpa Anda sadari Anda sedang stres.

Demikianlah tanda-tanda stres yang seringkali tidak disadari. Yang perlu Anda lakukan adalah menjaga agar stres yang Anda derita tidak berlangsung terlalu berlarut-larut. Salah satu cara meredakan stres bisa dengan mandi air hangat dengan aromaterapi setelah hari yang berat, berolahraga atau dengan mengikuti yoga. Stay sane, B’Timers! (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE