Ini Lho Dampak Buruk Terlalu Sering Bercermin! | Breaktime
Awas, Ini Lho Dampak Buruk Terlalu Sering Bercermin!
11.06.2016

B’timers, apakah Anda termasuk orang yang sering memandangi diri di cermin? Jika ya, sebaiknya mulai Anda hentikan dari sekarang. Penelitian terbaru menemukan fakta bahwa kondisi psikologis akan memburuk sebagai dampak terlalu sering bercermin, kata peneliti dari Institute of Psychiatry di London dalam sebuah laporan di jurnal Behaviour Research and Therapy.

Menurut laporan yang ada, terlalu sering memandangi diri di cermin bisa mengakibatkan terkena Body Dysmorphic Disorder (BDD) yaitu sebuah gangguan ketidakpuasan terhadap bentuk tubuh. Tentu saja ini akan berpengaruh pada kondisi psikologis lainnya.

Ini Lho Dampak Buruk Terlalu Sering Bercermin! | Breaktime
Bercerminlah seperlunya

Terlalu banyak bercermin meningkatkan kegelisahan

Menurut beberapa survei dampak terlalu sering bercermin, wanita di Inggris menatap cermin sekitar 38 kali setiap hari dan laki-laki 18 kali sehari. Studi tersebut menunjukkan wanita sangat menganggap penting penampilan mereka daripada pria dan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengagumi apa yang mereka lihat di cermin.

Nah, inilah yang membuat terlalu banyak bercermin sangat tidak baik untuk kesehatan psikologis. Beberapa penelitian menunjukkan hingga delapan dari sepuluh wanita tidak puas dengan refleksi mereka, artinya mereka telah terjangkit BDD.

Ini Lho Dampak Buruk Terlalu Sering Bercermin! | Breaktime
Hati-hati, cermin bisa menipu

Rasa tidak puas terhadap bentuk yang dimiliki berimbas pada tingkat rasa percaya diri yang dimiliki. Seseorang bisa jadi sangat minder dan membenci tubuhnya sendiri. Parahnya, ini mungkin juga membuat rasa percaya diri berlebihan karena menganggap tubuhnya sempurna.

Wah,ternyata dampak terlalu sering bercermin sangat buruk, ya! Jadi, berhentilah memandangi diri di depan cermin jika dirasa tidak perlu ya, B’timers! (nap)

Share This Article