Kebiasaan Buruk Berikut Bisa Melukai Buah Hati | Breaktime
Awas, Beberapa Kebiasaan Buruk Berikut Bisa Melukai Buah Hati
08.12.2015

Di usia emasnya, anak-anak sering memperhatikan orang tuanya. Kebiasaan-kebiasaan Anda, yang baik maupun yang buruk sekalipun, kadang mereka tiru. Mungkin niat mereka meniru karena melihat bahwa orang tua adalah sosok yang sangat dekat sehingga mereka ingin semirip mungkin dengan Anda

Tapi tahukah Anda, anak-anak belajar tentang hidup dari orang tuanya. Dan cara mengajari mereka bukan dengan perintah, yang terkadang dibarengi kata-kata keras. Cukup ubah kebiasaan ini, dan anak-anak Anda akan menjadi lebih baik:

     1. Mengkritik diri sendiri

Terkadang kita bahkan tidak menyadari bahwa ketidakpuasan terhadap diri sendiri akan melukai buah hati. Ya, hanya karena tidak ingin terlihat gemuk pada saat menghadiri undangan pesta ulang tahun anak tetangga, Anda tidak menyadari dampaknya pada buah hati. Nantinya, mereka bisa saja terobsesi dengan pemikiran bahwa cantik itu harus kurus. Dan akhirnya, mereka ingin program diet yang berbahaya bagi kesehatan, bahkan parahnya dengan cara operasi plastik demi menjadi sempurna.

     2. Tidak jujur

Anak-anak adalah mesin pendeteksi kebohongan yang alami. Jika ingin putra-putri Anda menjadi orang yang jujur, maka jangan mudah melakukan ketidakjujuran, misalnya saja memanipulasi umur anakAnda pada petugas tiket taman hiburan, hanya untuk mndapatkan harga murah. Hal tersebut mungkin akan menghemat beberapa lembar uang Anda. Namun Anda harus membayar lebih mahal karena buah hati akan berpikir bahwa berbohong bukanlah masalah besar.

     3. Nafsu makan yang berlebihan

Karena permasalahan di kantor atau dengan pasangan, apakah Anda terbiasa melampiaskannya dengan cara makan camilan, es krim, cokelat, atau apapun untuk mengobati rasa sedih? Dengan demikian, Anda otomatis mengajarkan mereka bahwa hidup tidak sehat itu bukan masalah besar. Jadi jangan heran ketika Anda mendapati mereka akhirnya mengalami berat badan berlebih, dan tidak khawatir sama sekali tentang keadaan tersebut.

     4. Terlalu lama menghabiskan waktu di depan smartphone

Anda terlalu sibuk membalas pesan-pesan singkat rekan kerja, atau sampai berjam-jam mengobrol di telepon dengan teman-teman tentang kegiatan yang akan Anda lakukan hari Sabtu besok? Itu merupakan kesalahan besar, B’timers. Anda jadi membiasakan buah hati berpikir bahwa tidak masalah mengabaikan orang lain demi berurusan dengan smartphone.

     5. Emosi yang terlalu berlebihan

Stres karena tugas yang menumpuk, seharusnya tidak membuat Anda dan pasangan jadi saling memaki atau berkata kasar. Memang dengan mengeluarkan emosi, Anda akan merasa lebih baik setelahnya, tapi berdampak buruk bagi anak-anak Anda. Jika Anda dan pasangan sama-sama memiliki masalah dalam mengontrol emosi, mungkin sebaiknya Anda mengikuti kelas manajemen stres.

Kebiasaan Buruk Berikut Bisa Melukai Buah Hati | Breaktime
Harapan semua orang, anak-anaknya tumbuh dengan baik

Nah, B’timers, itu tadi hanya beberapa contoh kebiasaan buruk yang akan melukai putra-putri tersayang di masa depan. Semua orang tua tentu menginginkan hal yang baik untuk anak-anak mereka. Jadi sesegera mungkin hentikan kebiasaan Anda yang berdampak buruk bagi buah hati, ya? Apapun itu, bahkan kebiasaan bergosip, merokok, jarang berolahraga, dan minum minuman beralkohol yang selama ini Anda anggap sepele.

Share This Article