5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Produktivitas Anda | Breaktime
Awas, 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Produktivitas Anda
07.01.2016

Kebiasaan B’timers bisa mempengaruhi kinerja dan produktivitas Anda setiap hari. Sekalipun kebiasaan tersebut salah Anda akan terus mengulanginya kembali di kemudian hari tanpa sadar. Untuk itu, B’timers harus merubah kebiasaan buruk ini untuk bisa lebih produktif di masa depan.

     1. Multitasking

5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Produktivitas Anda | Breaktime
Kerjaan menumpuk tapi tidak terselesaikan

Mengerjakan banyak pekerjaan dalam satu waktu tidak membuat B’timers semakin produktif. Multitasking justru membuat Anda semakin lambat dalam menyelesaikan banyak hal. Sebaiknya B’timers menyelesaikan satu demi satu pekerjaan yang ada dan menjadi tuntutan Anda. Dengan begitu tanpa terasa pekerjaan Anda akan terselesaikan semua.

     2. Menunda Pekerjaan

Penyakit paling umum yang biasa melanda B’timers adalah menunda pekerjaan. Pekerjaan yang bisa dilakukan sekarang justru diundur-undur karena merasa memiliki waktu luang lebih nantinya. Padahal dengan menunda pekerjaan Anda tidak akan menyelesaikan apa-apa. Lebih baik B’timers segera menyelesaikan pekerjaan, baru kemudian bersantai menikmati waktu luang.

     3. Sering Mengecek Email

Terlalu sering mengecek email juga bukan hal yang baik untuk produktivitas Anda. B’timers cukup mengecek 2-3 kali dalam sehari dan membalas email dalam satu waktu. Hal ini juga berlaku bagi platform messaging yang lain seperti media sosial. B’timers cukup membukanya saat benar-benar luang dan semua pekerjaan telah diselesaikan dengan baik.

     4. Yes-Person

5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Produktivitas Anda | Breaktime
Pusing gara-gara banyak tanggungan yang diterima

Seringkali atasan atau teman meminta bantuan B’timers untuk menyelesaikan tugasnya. Sebaiknya Anda menelaah dulu apakah Anda memiliki waktu untuk membantu mereka. Bekerjalah sesuai kemampuan Anda. Jika B’timers memiliki banyak tanggungan, alangkah baiknya menolak secara halus dan setelah Anda menyelesaikan tanggungan, tanyakan kembali kepada mereka apakah masih membutuhkan bantuan B’timers atau tidak.

     5. Terlalu Sering Stress

5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Produktivitas Anda | Breaktime
Cintai diri Anda dengan memanjakan tubuh melalui musik

Tumpukan pekerjaan menuntut Anda harus segera menyelesaikannya dengan baik. Namun bukan berarti Anda tidak memperhatikan kesehatan tubuh. Dengan memperbaiki pola bekerja Anda disertai penyesuaian dengan jadwal beristirahat B’timers, maka Anda akan mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan target dan mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Oleh karena itu, Anda harus pandai membuat jadwal sesuai dengan prioritas dan kemampuan tubuh B’timers.

Tidak ada kata terlambat untuk mengubah kebiasaan B’timers sedikit demi sedikit. Dengan kebiasaan yang berubah maka performa Anda akan menjadi lebih baik. Yang terpenting adalah sayangi tubuh B’timers. Jangan merasa bersalah jika Anda tidak mampu mencapai banyak target. Bersyukurlah setidaknya Anda sudah mampu bekerja dengan baik dan memiliki tubuh yang sehat. (ft)

Share This Article