Awas, 3 Kebiasaan Ini Bikin Anda Jadi Cepat Tua | Breaktime
Awas, 3 Kebiasaan Ini Bikin Anda Jadi Cepat Tua
02.04.2016

“Wah, imutnya. Sekolah di mana?” Kalimat tersebut mungkin terdengar biasa saja jika memang Anda masih sekolah. Namun tentu meninggalkan efek bahagia jika ternyata Anda sudah di atas 25 tahun! Setuju? Tidak bisa dipungkiri, seseorang akan sangat bahagia jika dipuji lebih muda dari usianya. Sebaliknya, bukankah terasa sedikit kesal saat ada yang mengira Anda lebih tua padahal usia belum setua itu?

B’timers, wajah terlihat lebih tua atau tidak, bukan hanya karena faktor usia. Seperti contoh di atas, tidak sedikit orang yang dikira masih muda padahal sudah berusia matang. Intinya, Anda harus tahu bahwa ‘terlihat tua’ juga bisa disebabkan karena faktor lain selain umur. 6 di antaranya adalah kebiasaan tidak baik berikut ini.

Awas, 3 Kebiasaan Ini Bikin Anda Jadi Cepat Tua | Breaktime
Hindari kebiasaan buruk agar awet muda

Banyak makan

Makan banyak di jam makan adalah normal. Namun, makan banyak sambil menonton acara favorit adalah kebiasaan buruk. Menurut riset terbaru yang diterbitkan di JAMA Psychiatry melaporkan bahwa kegiatan yang kurang melibatkan fisik seperti menonton televisi sambil makan dapat menyebabkan fungsi kognitif otak menurun. Jika kebiasaan buruk tersebut tak dihentikan, maka bisa menyebabkan penuaan dini yang berhubungan dengan menurunnya fungsi kognitif otak tersebut.

Jarang tidur di malam hari

llmuwan di Hospitals Case Medical Center University mengumpulkan 60 wanita berusia 30 hingga 49 tahun. Hasilnya, setengah dari relawan tersebut masuk ke dalam kategori "miskin kualitas tidur". Wanita yang kurang tidur menunjukkan peningkatan tanda-tanda penuaan kulit, termasuk garis-garis halus, pigmentasi tidak merata, kulit menipis dan mengurangi elastisitas. Jadi, masih mau begadang malam hari?

Awas, 3 Kebiasaan Ini Bikin Anda Jadi Cepat Tua | Breaktime
Jangan biasakan tidak tidur malam meski tak mengantuk

Kurang pro-aktif

Dalam studi terbesar yang sedang berlangsung  di Australia tentang penuaan, peneliti menganalisa perilaku gaya hidup lebih dari 230.000 peserta. Mereka menyimpulkan bahwa tidur terlalu banyak (lebih dari 9 jam per malam), duduk terlalu banyak (lebih dari tujuh jam sehari) dan tidak bekerja cukup ( kurang dari 150 menit seminggu ) bisa meningkatkan risiko kematian lebih muda hingga empat kali lipat.

Nah, Ada kini sudah tahu apa yang menyebabkan orang-orang jadi tampak lebih tua dari usianya. Now you know what you gotta do, B’timers! (nap)

Share This Article