Atasi Serangan Panik dengan Tips-Tips Ini | Breaktime
Atasi Serangan Panik dengan Tips-Tips Ini
24.02.2016

Anda pernah merasakan panik, B’timers? Misalnya saat mendapatkan panggilan untuk wawancara kerja, tes mengemudi, atau janji bertemu dengan klien penting. Semua hal bisa menjadi alasan umum rasa panik datang. Namun bagi beberapa orang, panik yang datang bisa sangat parah. Bahkan mereka bisa merasa seperti mendapatkan serangan jantung atau kehilangan pikiran.

Ketika seseorang terus mengalaminya, ini bisa menjadi lebih parah, lho, B’timers. Lalu apakah ada cara untuk atasi serangan panik, agar tidak meruntuhkan hari-hari kita?

Apa itu serangan panik?

Perasaan ini mengacu pada kecemasan akut, yang biasanya disertai sejumlah gejala fisik dan pikiran. Kebanyakan serangan panik berlangsung selama 20 hingga 30 menit. Dan saat seseorang tidak mampu menghadapinya, dia akan merasa lemah dan lelah.

Gejala umum yang timbul, mulai dari kesulitan bernapas, jantung berdebar kencang, telapak tangan berkeringat, gemetar, hingga pingsan. Bahkan beberapa orang merasa seolah mereka mendapatkan serangan jantung, atau merasa takut mereka akan memalukan diri di depan banyak orang.

Atasi Serangan Panik dengan Tips-Tips Ini | Breaktime
Serangan panik bisa menyerang siapapun

Kunci mengatasi serangan panik

Jalan paling baik untuk atasi serangan panik, adalah dengan melatih diri untuk menerima serangan tersebut dan mencoba menenangkan diri dengan menghadapi kepanikan yang melanda. Anda bisa melakukan 5 langkah AWARE (Acknowledge and Accept, Wait and Watch, Actions, Repeat, End) untuk mengatasi serangan panik, B’timers.

1.Mengakui dan menerima

Akui kenyataan, bahwa Anda merasa takut dan panik pada situasi tertentu. Siapapun bisa mengalami hal itu, B’timers. Setelah mengakuinya, jangan mencoba untuk melawan, dengan menyalahkan diri atau orang lain. Memang terkadang sakit kepala muncul saat serangan panik muncul, tapi tidak berarti Anda harus membenturkan kepala di dinding untuk mengatasinya, kan?

2.Lakukan pernapasan perut

Dan, apa yang sebaiknya Anda lakukan saat serangan panik melanda, B’timers? Yang terpenting adalah mencoba membuat diri sendiri nyaman, sementara menunggu serangan tersebut berakhir. Well, terlepas dari apapun yang sedang Anda lakukan, cobalah untuk berlatih pernapasan perut dengan benar. Ini merupakan cara paling efektif dalam mengatasi serangan panik, lho.

Atasi Serangan Panik dengan Tips-Tips Ini | Breaktime
Lakukan pernapasan perut untuk mengatasi serangan panik

3.Bicara dengan diri Anda

Anda bisa berbicara dengan diri sendiri. Dalam hati tentunya, jika tidak ingin orang lain terganggu dengan keberadaan Anda. Yakinkan pada diri, bahwa tidak masalah mengalami serangan panik dan bahwa Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan baik. Dengan mengajak diri Anda berbicara, perlahan Anda akan merasakan ketenangan.

4.Cobalah untuk santai

Selain itu, untuk atasi serangan panik, berusahalah untuk sedikit santai. Perhatikan beberapa bagian tubuh yang menjadi tegang saat serangan panik terjadi. Misalnya otot rahang, leher, bahu, punggung, dan kaki. Jangan memaksakan untuk berdiri kaku, karena hal ini akan memperburuk keadaan.

Semoga dengan cara tersebut dapat membantu atasi serangan panik Anda, ya, B’timers? (NO)

Share This Article