Atasi dengan Cerdas Bullying di Tempat Kerja | Breaktime
Atasi dengan Cerdas Tindak Bullying di Tempat Kerja
17.03.2016

B’timers pernah beranggapan bahwa tindak bullying akan menghilang setelah Anda memasuki dunia kerja. Padahal fakta di lapangan menjelaskan bahwa tidak bullying tidak hanya dialami oleh usia sekolah saja, tetapi juga di alami di tempat kerja. Bahkan lebih parah karena mempertaruhkan karier seseorang hingga perebutan otoritas.

Atasi dengan Cerdas Bullying di Tempat Kerja | Breaktime
Sayangnya tindak bullying sudah merajalela hingga ke tempat kerja

Di tempat kerja, tindak bullying dapat terlihat menjadi banyak bentuk. Menghalangi kesuksesan salah seorang rekan kerja, menyebarkan gosip, hingga mengucilkan seseorang dari rapat atau diskusi kantor termasuk tindak bullying yang sering ditemui di dunia kerja. Bagi B’timers yang mengalami tindak penindasan dari atasan ataupun teman sekantor Anda, atasi dengan cara berikut ini.

Bangun karakter diri

Memiliki karakter yang tegas dan kuat tentu akan membantu Anda terhindari dari tindak bullying meskipun posisi B’timers tergolong rendah dalam struktur organisasi kantor. Anda juga harus mengetahui batas-batas mana yang tergolong ‘oke’ untuk bullier lakukan pada Anda. Menegaskan pada rekan kerja jika aktivitas pelecehan ataupun pencemaran nama baik tidak akan berdampak banyak pada profesionalisme B’timers tentu akan membuat si pem-bully lebih minder untuk bertindak jauh.

Atasi dengan Cerdas Bullying di Tempat Kerja | Breaktime
Meskipun ditindas pastikan Anda tetap tegas dan menunjukkan sikap tenang

Jaga profesionalisme

Jika B’timers merupakan salah satu orang yang sangat sensitif terhadap kata-kata menyakitkan ataupun tindakan tidak adil dari rekan kerja ataupun atasan Anda, jangan biarkan luapan emosi menguasai Anda. Tangisan ataupun rengekan justru menunjukkan si bullier berhasil memancing emosi Anda. Tetaplah tenang dan tunjukkan sisi profesionalisme B’timers dengan tetap berinteraksi dengan kalem di hadapannya.

Cari dukungan kuat dari rekan kerja

Bullying tidak hanya dirasakan oleh korban bully saja, tetapi orang-orang di sekitar juga merasakan. Beberapa akan memilih untuk diam, beberapa pula ada yang berani menghentikan dengan bijak. Siapapun rekan kerja Anda, baik senasib ataupun tidak, mintalah dukungan untuk membantu B’timers memerangi penindasan yang terjadi di kantor Anda. Selain Anda mendapat rekan yang berdiri di belakang Anda saat Anda ditindas, si pem-bully akan berpikir dua kali jika Anda punya kubu yang kuat.

Atasi dengan Cerdas Bullying di Tempat Kerja | Breaktime
Carilah dukungan dengan teman yang bersimpati pada penindasan terhadap Anda

Berani ungkapkan pendapat

Mayoritas orang jika dihadapkan dengan tindakan bullying akan terdiam dan memilih menyimpannya sendiri. Padahal keajaiban itu tidak akan muncul jika B’timers tidak mengeluarkan suara Anda. Tindakan penindasan cenderung akan mengurangi produktivitas tim. Sehingga memberi tahu pada atasan mengenai rekan kerja yang melakukan penindasan tentu akan diterima dengan lapang dada. Itu artinya Anda membantu terciptanya ketenangan dalam bekerja.

Catat kejahatan dan laporkan

Tindakan penindasan adalah salah satu kriminalitas yang dapat disidangkan perkaranya. Jika memperkarakan ke pihak berwajib terlalu melelahkan untuk Anda, coba untuk melaporkan ke HRD kantor Anda. Sebelum itu catat apa saja yang telah si bullying lakukan kepada B’timers dan laporkan secara terinci disertai bukti-bukti tindak penindasannya telah memengaruhi kinerja kantor. HRD pasti tidak akan tinggal diam dan memutuskan untuk menindaklanjuti dengan bijak.

Atasi dengan Cerdas Bullying di Tempat Kerja | Breaktime
Konsultasikan dengan atasan Anda untuk mendapatkan jalan keluar lebih baik

Penindasan adalah tindakan serius yang tidak seharusnya ada baik di sekolah maupun di tempat kerja. Belajarlah untuk mengatasinya dengan lebih dewasa. Produktivitas tim sekantor Anda akan lebih baik jika tindakan bully tidak muncul dalam tim B’timers. (ft)

Share This Article