Asah Otak Anak Lewat Gambar Banyak Manfaatnya | Breaktime
Asah Otak Anak Lewat Gambar Banyak Manfaatnya
29.06.2015
“Children see magic because they look for it.” – Christopher Moore

Bukankah anak adalah anugerah yang diberikan Tuhan untuk orangtua? Nah, sudah seyogyanya sebagai orangtua untuk menjaga, merawat, dan mendidik anak dengan sebaik-baiknya, B’timers. Bicara soal mendidik anak, salah satu cara mengajari anak usia dini yang paling efektif adalah menggunakan gambar, lho. Apa saja ya, kelebihan gambar dalam menstimulasi otak anak?

Membantu memudahkan mengingat nama benda

Jika anak masih bayi atau balita, Anda bisa melatih kecerdasan otaknya dengan sering menyanyikannya lagu sambil menunjukkan gambar dan warna. Misalnya saja, Anda bernyanyi lagu Pelangi-Pelangi sambil menunjukkan contohnya dan mengajari anak seperti apa rupa warna merah, kuning, hijau dan warna lainnya.

Menguji memori anak dengan membiarkannya menggambar
Menguji memori anak dengan membiarkannya menggambar

Mengajarkan keterampilan baru dengan detail

Menunjukkan gambar adalah salah satu langkah paling tepat untuk mengajarkan keterampilan baru pada anak, misalnya saat Anda mengajarkan anak untuk mengikat tali sepatu. Memberikan contoh cara mengikat tali sepatu, ditambah menunjukkan gambar langkah-langkahnya secara berurutan, dapat membuat anak lebih mudah mempelajari dan mempraktikkannya.

Lebih cepat belajar matematika dan berhitung

Matematika rumit dan susah? Tidak lagi jika anak diajari dengan menggunakan gambar. Angka-angka yang sering dianggap membosankan akan jadi menarik jika dikemas dalam bentuk gambar warna-warni. Anda bisa menunjukkan gambar-gambar matematika seperti angka-angka untuk dihafalkan, serta rumus penambahan dan pengurangan sederhana untuk anak usia dini.

Belajar matematika dengan gambar terasa lebih menyenangkan
Belajar matematika dengan gambar terasa lebih menyenangkan

Belajar bahasa Inggris jadi lebih efektif

Kita semua tahu bahasa Inggris sangat penting, apalagi untuk masa depan anak di mana persaingan untuk berprestasi jadi semakin ketat. Mengajarkan bahasa Inggris sejak dini bisa dilakukan dengan lebih efektif jika menggunakan media gambar. Anak jadi lebih cepat menghafal nama benda dan kosakata baru, serta proses mempelajari bahasa asing itu jadi terasa asyik dan seru.

Mengasah bakat anak lewat pelajaran tentang seni

Orangtua mana yang tidak bangga jika melihat sang buah hati unjuk bakatnya? Ini bisa dilakukan dengan mengajarkan hal-hal berbau seni pada anak sejak dini. Bentuk gambar seperti foto, lukisan, diagram, serta ilustrasi, sangatlah penting untuk mengajarkan seni pada anak. Tujuannya untuk memperluas dan mengasah persepsi visual anak.

Nah, agar anak dapat tumbuh dan berkembang sempurna, sangat penting untuk mengasah kecerdasan otaknya sejak dini, B’timers. Manfaatkan media gambar dengan baik untuk menstimulasi otak anak, ya.

Share This Article