Are Leaders Born Or Made? Cari Tahu, Yuk! | Breaktime
Are Leaders Born Or Made? Cari Tahu, Yuk!
25.10.2015
Quot: “Great leaders are not to try always have great answers, but always try to ask great questions” – Mahatma Gandhi

Di dunia ini, segala hal diatur dalam suatu komponen dengan satu pusat atau pimpinan yang menjadi titik porosnya. Mulai dari hewan sampai manusia, sosok pemimpin selalu ada dan menjadi panutan oleh pihak yang mengikutinya.

Banyak teori terkait kepemimpinan, jika B’timers mau mengamati. Dari berbagai teori yang ada, ada 3 teori yang memiliki banyak pendukung, yaitu:

Teori Genetik – leaders are born, not made

Dalam teori ini dikatakan bahwa seorang pemimpin itu dilahirkan dan bukan dibentuk, karena penggagas teori ini berpendapat bahwa faktor gen sangat memiliki pengaruh akan potensi seseorang menjadi pemimpin, seperti contohnya anak yang lahir dalam keluarga bangsawan atau raja, maka dia akan dapat lebih mudah untuk memimpin bawahan atau rakyatnya.

Teori Sosial – leaders are made, not born

Menurut penggagas dan penganut teori ini adalah semua orang memiliki potensi menjadi seorang pemimpin, hanya saja faktor lingkungan dan faktor pendukung lain yang dapat menjadikannya seorang pemimpin bagus dan berkualitas. Jadi, para penganut teori ini beranggapan bahwa semua orang dapat dilatih dan dididik untuk menjadi seorang pemimpin yang baik.

Teori Ekologi – leaders are born and made

Penganut teori satu ini lebih berpikiran universal karena mereka beranggapan bahwa seseorang itu memang ditakdirkan menjadi seorang pemimpin karena bakat dari lahir dan bakat tersebut akan lebih terasah sempurna tatkala dia dilatih dan dididik secara benar. Jadi teori ini merupakan gabungan antara teori genetik dan sosial.

Are Leaders Born Or Made? Cari Tahu, Yuk! | Breaktime
Setiap orang emang terlahir jadi pemimpin, tapi tidak semuanya berkesempatan buat jadi pemimpin

Kata pimpin sendiri adalah mengetuai atau mengepalai dan memenangkan paling banyak. Dari artian kata tersebut, maka yang disebut pemimpin adalah seorang yang ditunjuk dalam suatu kelompok untuk mengetuai atau mengepalai kelompok yang bersangkutan untuk menuju suatu arah dan tujuan.

Akan tetapi, banyak orang yang memiliki pandangan lain dan tidak terlalu terpaku dengan 3 teori di atas, bahwa setiap orang itu adalah seorang pemimpin, setidaknya memimpin dirinya sendiri. Walaupun dikatakan bahwa semua orang adalah seorang pemimpin, akan tetapi B’timers tidak boleh menutup mata bahwa kualitasnya juga akan ditentukan dari bakat sampai lingkungan sekitarnya.

Jika lingkungan sekitarnya mendukung, maka dia akan menjadi seorang pemimpin yang baik, berkualitas dan kharismatik, akan tetapi jika tidak, maka dia akan menjadi seorang pemimpin yang arogan dan diktator.

So, apakah semua orang bisa menjadi seorang pemimpin? Well, kalau boleh berpendapat sih, Breaktime akan lebih setuju untuk mengatakan bahwa seseorang memang dilahirkan untuk dapat memimpin setidaknya diri sendiri, akan tetapi bukan berarti dia dapat layak untuk menjadi seorang pemimpin.

Dengan kata lain, semua orang memang bisa memimpin, tapi tidak semua orang dapat menjadi seorang pemimpin, karena hanya segelintir orang saja yang capable untuk menerima kritik, komplain, hinaan, cacian, direndahkan dan sebagainya dengan lapang dada dan tidak banyak yang dapat mengatur berbagai karakter dan menyatukan otak masing-masing orang dalam satu visi dan misi yang sama.

Jadi menurut B’timers sendiri, bagaimana konsep dari seorang pemimpin itu? 

Share This Article