Apa yang Ada di Balik Motivasi Kerja Keras Orang Jepang? | Breaktime
Apa yang Ada di Balik Motivasi Kerja Keras Orang Jepang?
01.09.2015

Mungkin hingga kini, sebutan negara berkembang masih cukup melekat pada sejumlah negara Asia. Itu memang bisa dilihat dari segi ekonomi serta sumber daya manusia, banyak negara Asia yang masih tertinggal dari negara-negara Barat. Namun, coba kita tengok minoritas negara Asia yang maju, dan bahkan mampu “menguasai” dunia. Seperti salah satunya, yakni Negeri Matahari Terbit alias Jepang.

Ya, orang Jepang sangat dikenal karena kerja kerasnya. Pantang menyerah dan memiliki mental baja, mereka seakan menjadi pelopor negara-negara Asia lainnya atas kesuksesannya dalam “menginvasi” dunia. Sebut saja brand elektronik seperti Sony atau merek kendaraan Honda yang tersebar di seluruh dunia. Lalu, apa sebenarnya yang menjadi pecut bagi orang Jepang hingga terdorong untuk selalu bekerja keras dan pantang menyerah?

Bersaing dengan sangat ketat

Ini seakan sudah menjadi bagian dari budaya orang Jepang. Mereka adalah bangsa yang sangat kompetitif. Rasa bersaing yang ketat membuat Jepang menjadi bangsa yang selalu ingin maju dan berusaha menjadi yang terbaik.

Jepang menjadi negara maju di Asia yang berhasil menguasai dunia
Jepang menjadi negara maju di Asia yang berhasil menguasai dunia

Jiwa nasionalisme yang tinggi

Mengawali apapun, mereka selalu memulai dengan pertanyaan “apa yang baik untuk negaraku?”, dan bukan “apa yang baik untuk kita, perusahaan kita, anggota kita atau kelompok kita?”, karakter inilah yang membuat Jepang memiliki rasa cinta tanah air yang sangat tinggi.

Baca juga: BENARKAH BAHAGIA ITU “VIRUS” YANG BISA MENULAR CEPAT?

Kondisi yang keras dan membangun

Jepang tak hanya sengit dalam bersaing, namun juga kuat dalam menjalin hubungan atas dasar kepercayaan dan ketertarikan yang sama. Tak hanya kerasnya “permusuhan” di Jepang sejak dahulu, kondisi alam di Jepang juga keras, sering terjadi angin topan, gunung meletus dan kerap terjadi gempa bumi.

Berpandangan idealis dan realistis

Orang Jepang memiliki karakter idealis dan realistis yang sangat kuat. Mereka lebih berpegang teguh pada norma-norma dan tidak menilai sesuatu dengan subyektif. Bahkan, bisa dibilang orang Jepang tidak mudah membenarkan diri mereka sendiri.

Mungkin, bagi kita warga Indonesia, sudah ada karakter-karakter demikian dalam jiwa setiap insan. Namun, menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari masih belum bisa dilakukan dengan optimal seperti bangsa Jepang. Terlebih lagi, rasa nasionalisme yang sering tergerus globalisasi dan budaya luar. So, siapkah B’timers menjadi warga negara yang baik dan memajukan negeri ini dengan bekerja keras?

Share This Article