Apa Ya, Penyebab Gagap Ketika Berbicara? | Breaktime
Apa Ya, Penyebab Gagap Ketika Berbicara?
24.03.2016

Pasti B’timers sudah tidak asing dengan nama Azis Gagap, bukan? Ya, Azis merupakan selebriti yang sudah dikenal banyak orang karena gaya bicaranya yang gagap. Nah, kali ini Breaktime mengulas tentang gangguan berbicara tersebut, yaitu gagap. Gagap bisa jadi berbahaya tergantung penyebab gagap ketika bicara.

Bagi Anda yang belum tau penyebab dari kegagapan seseorang, berikut beberapa faktor yang menjadikan seseorang mengalami gangguan tersebut :

Faktor genetik

Apabila dalam keluarganya ada saudara atau bahkan orang tuanya gagap, maka kemungkinan orang tersebut akan mengalami kegagapan. Kemungkinan tersebut sebesar 60% jadi masih ada 40% kemungkinan orang dengan keluarga gagap tidak ikut tertular kegagapan tersebut.

Takut

Saat seseorang takut terhadap sesuatu, akan terjadi perubahan yang cukup drastis pada dirinya. Awalnya seseorang tersebut akan mengalami perubahan gerakan tubuh dan kemudian cara berbicara. Dari sinilah awal dari kegagapan seseorang terjadi. Untuk menyembuhkannya, orang tersebut harus terbiasa bersikap tenang saat terjadi sesuatu.

Apa Ya, Penyebab Gagap Ketika Berbicara? | Breaktime
Gagap bukan penyakit permanen, Anda bisa menyembuhkannya secara perlahan

Masalah lingkungan

Penyebab gagap ketika bicara selanjutnya adalah lingkungan. Lingkungan juga berpengaruh terhadap cara berbicara seseorang B'timers. Kok bisa? Ya, saat tengah asik bermain dengan teman, tiba-tiba seseorang mengejutkan rekannya. Apabila posisi orang tersebut sedang melamun atau pikirannya kosong, besar kemungkinannya orang tersebut mengalami kegagapan.

Nah, itulah beberapa contoh penyebab gagap ketika bicara yang mungkin jarang orang ketahui sebelumnya. Gagap bukanlah penyakit permanen dan masih bisa disembuhkan dengan mengikuti beberapa tahapan. Langkah pertamanya adalah memperbanyak berbicara dengan orang lain.

Tujuan dari langkah tersebut adalah membiasakan diri untuk tidak takut ketika berbicara dan menumbuhkan rasa percaya diri. Langkah kedua adalah melakukan pemijatan saraf-saraf lidah di bagian wajah. Apabila Anda sudah mencoba secara rutin, maka kesembuhan pun akan cepat Anda dapatkan. (wsu)

Share This Article