Apa Rasanya Jika Anak Bungsu Jadi Anak Tengah? | Breaktime
Apa Rasanya Jika Anak Bungsu Jadi Anak Tengah?
22.08.2016

Anak-anak biasanya senang mencari perhatian, terutama dari orangtua mereka, terutama jika berhasil meraih prestasi tertentu. Namun, anak-anak yang punya saudara kandung, biasanya punya karakter unik berdasarkan urutan kelahiran mereka. Dan, lain lagi ceritanya jika anak bungsu jadi anak tengah karena ternyata mendapatkan adik baru.

Faktor penyebab

Perbedaan karakter mendasar pada anak ini biasanya disebabkan karena mereka sama-sama ingin merebut perhatian orangtuanya. Biasanya, anak tertua cenderung lebih menganggap dirinya punya otoritas, namun anak-anak yang lebih muda ingin mencuri perhatian dengan memberontak, B’timers.

Kisah anak tengah

Awalnya anak tengah masih menjadi anak bungsu, karena itu ia masih “nakal” dan suka memberontak untuk mencari perhatian orangtua dan kakaknya. Namun, saat adiknya lahir, dan ia jadi anak tengah, perubahan karakter akan terjadi pada dirinya.

Apa Rasanya Jika Anak Bungsu Jadi Anak Tengah? | Breaktime
Anak tengah punya sifat yang setia dan bisa berkompromi dengan baik

Setelah anak bungsu jadi anak tengah, mereka cenderung jadi penjaga perdamaian di keluarganya, dan seringkali mereka memiliki sifat ramah serta punya loyalitas. Anak tengah biasanya setia dalam hubungan, baik dengan kakak maupun adiknya.

Selain itu, karena anak tengah berada di tengah-tengah, mereka jadi terbiasa untuk bernegosiasi dan baik dalam hal kompromi. Ini yang membuat anak tengah juga sangat menghargai persahabatan.

Sikap orangtua

Sebagai orangtua, tentunya harus bisa mendidik anak dan mendukung anak dalam segala aspek kehidupannya. Baik itu anak sulung, anak tengah maupun anak bungsu, orangtua harus bijak dan adil dalam mengayomi anak. Anak harus berani dan mampu menghadapi segala tantangan kehidupan.

Nah, B’timers yang belum jadi orangtua, dan pernah merasakan sebagai anak bungsu jadi anak tengah, tentu jadi belajar bagaimana nantinya mendidik dan mengasuh anak, saat sudah memiliki buah hati. (md)

Share This Article