Apa Arti Eureka dan Mengapa Sering Digunakan? | Breaktime
Apa Arti Eureka dan Mengapa Istilah Itu Sering Digunakan?
17.11.2015

Pernahkah B’timers merasa muncul sebuah ide di kepala dan pikiran seakan berkata “Aha! Aku punya ide!”? Ya, ini memang sering terjadi dan di saat itulah rasanya seperti ada bola lampu di kepala Anda yang tiba-tiba menyala terang. Ini juga bisa disebut dengan wake-up call. Apakah itu? Mengapa itu bisa terjadi?

Muncul ide tiba-tiba di kepala

Biasanya, ide-ide bermunculan dari penyaringan yang stabil dan evaluasi pikiran serta perasaan. Namun, jika Anda sedang beruntung, seringkali gagasan hebat tiba-tiba saja terlintas di pikiran dan itu sangat jelas, bahkan tak terduga. Inilah yang biasa disebut “momen aha”, di mana pikiran Anda tiba-tiba mendapatkan sebuah ide yang brilian.

Bisa jadi, pemikiran tersebut terasa sangat nyata, dan itu bisa menggerakkan pikiran Anda untuk melakukan berbagai hal yang terkait dengan kehidupan Anda sehari-hari. Mungkin saja itu berkaitan dengan keputusan-keputusan yang sulit dan berat, seperti  berhenti dari pekerjaan, berpisah dengan pasangan, pindah ke luar kota, memperbaiki hubungan yang retak, atau menghilangkan kebiasaan buruk.

Namun, pemikiran tersebut juga bisa terwujud dalam ide-ide yang kreatif, seperti membuat konsep brilian untuk menciptakan sebuah startup teknologi, membuat tema untuk komposisi musik, mengarang dan menciptakan alur sebuah novel, segala hal yang belum pernah Anda lakukan sama sekali sebelumnya!

Apa Arti Eureka dan Mengapa Sering Digunakan? | Breaktime
Eureka! Momen saat lampu ide di dalam kepala tiba-tiba menyala terang

Otak yang “menganggur”

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2001 oleh Marcus Raichle seorang neuroscientist di Washington University, otak yang dibiarkan “menganggur” sebenarnya jauh lebih aktif daripada otak yang bekerja dan berfungsi secara sadar. Jadi, saat otak sedang beristirahat, sebenarnya banyak hal dan proses yang terjadi di dalam sana.

Nah, ketika otak beristirahat dan berhenti bekerja, justru inilah saat terbaik otak untuk memecahkan masalah. Otak bisa berfungsi maksimal dan berpikir dengan sangat baik, bijaksana dan paling kreatif, meski tak bisa bekerja dengan kecepatannya yang paling cepat. Karena itulah, justru saat Anda sedang tidak memikirkan apa-apa, tiba-tiba saja pemikiran cemerlang yang bisa mengubah hidup muncul di benak Anda.

Eureka sendiri merupakan bahasa Yunani kuno yang pertama kali diucapkan oleh Archimedes, filolog terkenal di zaman Yunani kuno. Hingga kini, istilah eureka yang berarti munculnya sebuah ide baru dan inovatif cukup kerap dipakai. Tentu istilah ini diharap bisa menandakan harapan baru yang akan memberikan pencerahan kepada banyak orang. (md)

Share This Article