Anti Stress, Begini Cara Meditasi Yang Benar! | Breaktime
Anti Stress, Begini Cara Meditasi Yang Benar!
07.09.2017

Meditasi adalah salah satu olahraga pikiran yang bisa memperkuat dan melenturkan batin. Meditasi juga bisa membantu kita mengenal diri sendiri seutuhnya, sehingga B’timers bisa berkonsentrasi untuk menghadapi apa yang terjadi hari ini. Mungkin tak banyak di antara Anda yang melakukan olahraga pikiran ini. Tak bisa sembarangan memang, Anda harus tahu cara meditasi yang benar agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal.

Meditasi mampu membantu membersihkan jiwa dan mempercantik batin. Itulah mengapa meditasi bisa jadi salah satu sarana detoksifikasi. Banyak manfaat yang bisa didapatkan selain sebagai sarana detoksifikasi. Apa saja ya manfaatnya dan bagaimana cara meditasi yang benar untuk pemula? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ternyata Begini Perkembangan Bayi Usia 1 Tahun!

Sebelumnya, Anda harus tahu bagaimana cara kerja meditasi sehingga mampu menimbulkan manfaat yang sangat besar. Tubuh merespons stres dengan melepaskan hormon epinefrin dan norepinefrine yang akan membuat detak jantung, aliran darah, dan tekanan darah meningkat. Saat Anda melakukan meditasi, detak jantung diajak untuk turun lagi. Meditasi juga akan membuat tubuh mengesampingkan pikiran negatif yang menyebabkan stres.

Saat meditasi, otak berpindah dari gelombang alfa yang fungsinya untuk mengistirahatkan otak menuju gelombang teta yang membuat otak lebih rileks. Hal tersebut juga dilakukan untuk melepaskan endorfin yang berperan sebagai pereda nyeri, menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan memperlambat pernapasan. Meditasi juga efektif mengaktifkan gelombang gamma yang berfungsi sebagai proses belajar, perhatian, ingatan, dan kesadaran. Itulah yang membuat meditasi mampu menghasilkan emosi positif yang berupa kebahagiaan.

Proses tersebut membuat meditasi memberikan ketenangan dan kesimbangan jiwa yang mampu menstabilkan emosi dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tak heran jika meditasi sering digunakan untuk menangani gangguan mental dan fisik. Meditasi mampu meningkatkan kesadaran diri, mendukung kemampuan fokus, mengurangi emosi negatif, dan melatih diri untuk mengelola stres.

Anti Stress, Begini Cara Meditasi Yang Benar! | Breaktime
Cara meditasi yang benar untuk manfaat lebih maksimal
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Lakukan Trik Ini Ketika Dihina Rekan Kerja!

Bahkan hebatnya lagi, meditasi memungkinkan untuk bisa menyembuhkan berbagai penyakit, seperti asma, kanker, jantung, diabetes, gangguan tidur, dan banyak lainnya. Meski begitu, Anda yang mengidap sakit tersebut juga harus tetap berkonsultasi ke dokter.

Nah, setelah tahu cara kerja meditasi dan manfaatnya, sekarang giliran B’timers mengetahui cara meditasi yang benar untuk pemula.

Meditasi bukan hanya tentang duduk bersila, menegakkan punggung, mengatur nafas, dan memejamkan mata. Meditasi adalah tentang mempertautkan waktu dan usia dalam kebahagiaan hidup. Tak dipercaya oleh kesibukan duniawi, tidak pula diburu oleh hasrat bendawi. Sungguh, inilah surgawi. Setidaknya itulah kutipan manis dari Candra Malik.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bisakah Meditasi Buat Keluarga Lebih Harmonis?

Sebagai pemula, Anda hanya perlu tahu beberapa cara meditasi yang benar berikut ini.

  1. Carilah tempat dan waktu yang tetap agar Anda tidak terganggu oleh hal apapun.
  2. Setelah mendapatkan tempat yang pas dan waktu yang tepat, ambillah posisi duduk meditasi. Bersila dengan kaki kanan berada di bagian atas. Usahakan jangan bersandar agar tidak mengantuk. Letakkan tangan di pangkuan dengan telapak tangan menghadap ke atas.
  3. Pejamkan mata, tempelkan ujung lidah di langit-langit mulut.
  4. Mulai dengan doa agar Tuhan menuntun untuk keseimbangan lahir dan batin.
  5. Setelah itu, Anda harus benar-benar berkonsentrasi pada pernafasan. Bernafas secara normal dan rasakan udara yang keluar masuk. Jika pikiran Anda teralihkan, usahakan untuk terus kembali fokus pada pernafasan.
  6. Lakukan latihan ini secara bertahap. Misalnya awali selama 10 menit, keesokan harinya menjadi 15 menit, dan seterusnya.
  7. Sebagai pemula, Anda bisa menggunakan aromaterapi atau musik. Tetapi hanya untuk awal saja, seterusnya jangan gunakan lagi, karena konsentrasi Anda hanya akan pada aromaterapi dan musik. Tak bisa lebih dalam lagi.

Nah, jadi itulah cara meditasi yang benar. Dengan begitu, Anda bisa merasakan manfaat meditasi yang sesungguhnya. Asalkan Anda melakukannya secara rutin. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE