Anti Baper Saat Dikritik, Ini Caranya! | Breaktime
Anti Baper Saat Dikritik, Ini Caranya!
30.07.2017

Tidak ada manusia satu pun yang menyukai seseorang dengan sifat mudah baper, B’timers. Apalagi kalau sifat mudah baper ini selalu muncul setiap Anda menerima kritik dari orang lain. Dijamin, Anda akan masuk dalam golongan orang-orang yang dikucilkan. Pasalnya, Anda akan dipandang sebagai orang yang tak open-minded. Orang-orang pun akan menjadi malas untuk mengoreksi Anda— which is not a good thing— sebab pada dasarnya kita semua adalah makhluk yang tak sempurna.

Anti Baper Saat Dikritik, Ini Caranya! | Breaktime
Buat apa Anda bereaksi berlebihan terhadap sebuah kritik?

Lalu guna menyiasatinya, apa yang mesti Anda lakukan? Adakah cara untuk menerima kritikan tanpa harus merasa bahwa Ia adalah sebuah hujatan? Inilah yang hendak B’timers kupas dan sebarkan kepada Anda. Bahwasanya, kita tak sepatutnya menerima kritik dengan aksi yang kekanak-kanakan. Berikut trik dalam mendengarkan kritik agar Anda berubah dari seseorang yang bapermenjadi orang yang senantiasa berkepala dingin kala menerima feedback dari orang-orang di sekitar Anda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Intip Kantor-Kantor Ini Yang Bikin Betah Kerja!

Yang pertama, tenangkan pikiran dan jangan langsung bereaksi. Sekalipun Anda tak merasa tersinggung kala mendengarkan kritik itu, tetaplah diam dan jangan memberi komentar apa-apa selama setidaknya satu detik. Proses berdiam sebentar ini memungkinkan Anda untuk mencerna terlebih dahulu kritikan yang diluncurkan oleh lawan bicara Anda tersebut. Ini memungkinkan otak Anda untuk sejenak memikirkan sebuah proper reaction. Dengan begini, Anda akan terbebas dari risiko melakukan hal memalukan sebagai reaksi terhadap kritikan tersebut. Contohnya seperti menangis atau bahkan refleks membentak si pemberi kritik.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sukar Melupakannya? Simak 3 Cara Move On Ini Yuk

Selesai Anda menenangkan pikiran, Anda juga bisa mengingat fakta bahwa kritik adalah saran yang membangun. Dan faktanya, tak semua orang lho mau meluangkan waktunya untuk mengkritik Anda. Anggaplah kritik itu sebagai bukti tanda sayang dari sang pengkritik— yang mana menginginkan Anda  untuk memperbaiki diri agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Pemikiran seperti ini pun juga harus tertanam di sanubari Anda meski pemberi kritik adalah orag yang tak Anda sukai. Justru terkadang ya B’timers, kritik yang akurat itu malah datang dari orang-orang yang bukan orang terdekat kita. Mengapa? Sebab orang-orang tersebut bisa saja jauh lebih objektif dalam menilai kita.

Anti Baper Saat Dikritik, Ini Caranya! | Breaktime
Buang segala gengsi dan sebagai gantinya, ucapkan rasa terima kasih

Berhubungan dengan tips yang kedua tadi, maka tips yang ketiga adalah mengucapkan terima kasih pada sang pengkritik. Anda pasti tahulah bahwa feedback mereka harus diapresiasi— tidak peduli sepahit dan sekeras apapun feedback yang mereka paparkan. Berterimakasih seperti ini toh bukan berarti Anda setuju dengan kritikan tersebut. Namun ingatlah bahwa kritikan mereka adalah bagian dari materi Anda dalam mengevaluasi diri, terlepas dari benar atau tidaknya kritikan tadi.

Kalaupun Anda merasa kurang paham dengan kritikan yang telah dilemparkan, jangan ragu untuk bertanya pada mereka. Tanyakanlah informasi yang lebih spesifik mengenai kritikan itu agar Anda tidak menerima feedback yang blurry. Anda bisa meminta analogi atau contoh dari dasar kritikan yang mereka berikan pada Anda. Jika sudah jelas, tanyakan pula solusi semacam apa yang mereka ajukan agar Anda bisa mengatasi kekurangan Anda tersebut di kemudian hari.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kunci Penting Buat Buah Hati Lebih PD & Mandiri

Merasa ada kesalahpahaman? Nah, baru ini saatnya Anda memberi klarifikasi. Eits, memberi klarifikasi itu tidak selalu identik dengan aksi nyolot alias marah-marah tak jelas ya. Baiknya sebelum memulai menjelaskan, Anda minta maaf terlebih dahulu atas misunderstanding yang terjadi di antara kedua belah pihak. Bila pihak pengkritik sudah menerimanya, Anda bisa lanjut menguraikan poin-poin apa saja yang missed atau tidak tertangkap oleh sang pengkritik sebelumnya. (kps) 



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE