Antara Karier dan Cinta, Bisakah Pilih Keduanya? | Breaktime
Antara Karier dan Cinta, Bisakah Pilih Keduanya?
15.12.2016

Perkembangan zaman tentu berimbas pada pola kehidupan, di mana kebutuhan manusia juga terus bertambah. Namun, yang tidak bisa dipungkiri dalam putaran roda kehidupan adalah dua hal yang saling berkaitan tapi juga bisa jadi bertolak belakang. Dua hal tersebut tidak lain adalah karier dan cinta.

Tentu Anda pasti menginginkan keduanya dapat berjalan beriringan, tapi terkadang seperti pepatah mengatakan, jika realita tidak selamanya berjalan sesuai harapan. Sehingga banyak muncul kemungkinan jika kehidupan karier dan cinta Anda justru saling berlawanan. Hal inilah yang kemudian memunculkan sebuah pertanyaan, apakah bisa karier dan cinta berjalan berdampingan? 

Well, baik wanita ataupun pria tentu memiliki hasrat untuk mendapatkan kesuksesan karier.  Tidak ada yang salah memang jika menjalani karier dengan rasa berambisi, ini menandakan Anda adalah seorang pekerja keras. Tapi, yakinkah bahwa penghasilan yang diperoleh dapat membuat Anda merasa bahagia dan semakin dekat dengan orang-orang yang Anda sayangi? Belum tentu. Mungkin bahkan Anda sendiri tidak menyadari, bahwa mengejar karier sesungguhnya secara perlahan menjauhkan Anda dari orang-orang terdekat Anda, baik keluarga, sahabat, atapun pasangan.

Selalu mengeluh tentang pekerjaan, merupakan salah satu indikasi jika fokus dan pikiran Anda memiliki porsi yang besar terhadap kelangsungan karier. Tahukah B’timers, jika hal seperti terus dibiarkan, justru akan menyebabkan produktivitas menurun, hingga mood pun jadi tidak stabil, dan secara otomatis akan mempengaruhi kehidupan Anda secara personal, khususnya dalam hal kehidupan cinta.

Indikasi lain yang perlu Anda pahami, jika sebenarnya kehidupan karier dan cinta sedang bertolak belakang dan tidak seimbang, adalah mulai tergerusnya waktu yang Anda habiskan untuk orang-orang terdekat, meskipun hanya sekedar bertegur sapa dan hangout bersama.

Antara Karier dan Cinta, Bisakah Pilih Keduanya? | Breaktime
Luangkan waktu untuk yang tercinta, itu priceless!

Karena di benak Anda hanya ada target dan deadline, semuanya serba terencana, Anda pun semakin melupakan kesenangan dan serunya aktivitas ‘dadakan’ tanpa rencana yang dulu biasa dilakukan bersama orang-orang terkasih. Lalu jika sudah seperti ini apa yang perlu Anda lakukan? Apakah Anda tetap harus memilih salah satu antara karier dan cinta? Ataukah memiliki solusi untuk tetap memilih keduanya?

Sebelum menentukan pilihan, maka wajib bagi Anda untuk tahu terlebih dahulu apa yang sebenarnya Anda inginkan dan butuhkan. Anda dapat melakukan introspeksi diri, karena ini adalah dasar yang paling penting untuk menciptakan sebuah komitmen dalam diri tentang pilihan Anda.

Karena pada dasarnya karier dan cinta selalu memiliki peluang untuk dapat berjalan beriringan, asalkan Anda dapat memberikan porsi yang seimbang di antara keduanya. Seperti meluangkan waktu untuk sekedar bercengkrama hangat bersama orang-orang terkasih, di sela-sela kesibukan rutinitas kerja Anda.

Akan tetapi, keselarasan antar karier dan cinta juga senantiasa mempunyai celah untuk saling bertolak belakang, yang kemudian menciptakan ketidakseimbangan. Pola ketidakseimbangan ini, tentu akan memiliki imbas yang lebih besar pada kehidupan jika dibiarkan saja. Di mana imbas ini lambat laun juga akan membuat kesehatan menurun, karena rasa lelah yang cepat melanda, juga munculnya rasa depresi.

Maka, tidak hanya perihal karier dan cinta saja yang perlu Anda pikirkan, investasi kesehatan hendaknya juga mulai diperhitungkan. Apalah arti kebahagiaan karier dan cinta jika tanpa kondisi tubuh yang sehat, bukan? Yap! Semua keputusan ada di tangan Anda, jika mulai merasakan ada yang tidak seimbang di antara keduanya, yuk, mulai introspeksi dan renungkan lagi apa yang sebenarnya B’timers inginkan dan butuhkan.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE