Ancaman Stress? Pelajari Meditasi Untuk Pemula! | Breaktime
Ancaman Stress? Pelajari Meditasi Untuk Pemula Ini
26.02.2016

Stress bisa saja hinggap kapan saja. Salah satu cara untuk mengusir jauh-jauh stress dari diri Anda adalah dengan melakukan meditasi. Sayangnya tidak semua orang memahami bagaimana cara melakukan meditasi. B’timers yang belum akrab dengan yang teknik meditasi sebaiknya mempelajari cara meditasi untuk pemula ini sebelum Anda memperparah tingkat stress Anda.

Stage 1. Prepare yourself

Tentunya B’timers harus menyiapkan senjata sebelum berangkat perang bukan? Persiapkan diri Anda dengan berbagai hal seperti pakaian yang nyaman, lilin aromaterapi dan tentunya waktu yang tepat untuk melakukan meditasi.

Menentukan tempat yang tenang di rumah Anda lengkap dengan bantal duduk atau kursi yang nyaman untuk meditasi juga sangat membantu. Tentukan pula posisi duduk yang nyaman untuk melakukan meditasi. Mematikan ponsel dan menghilangkan berbagai suara yang menganggu merupakan hal yang esensial yang harus Anda ketahui dalam meditasi untuk pemula.

Ancaman Stress? Pelajari Meditasi Untuk Pemula! | Breaktime
Menyalakan scented candles membantu merilekskan pikiran saat meditasi

Stage 2. Open your mind and heart

Meditasi tidak hanya sebatas berdiam diri lalu kelanjutannya Anda masih serampangan dalam menerapkan gaya hidup yang sehat. Pastikan B’timers melakukan pola makan sehat dan berolahraga teratur. Berdiskusi dengan keluarga juga membantu untuk memberikan ketenangan selama meditasi.

B’timers juga harus membuka diri terhadap berbagai kesalahan yang telah Anda perbuat. Anda harus memaafkan diri sendiri dan bersiap untuk melepaskan beban stress  Anda. Membaca buku-buku spiritual juga membantu untuk mempersiapkan hati dan pikiran untuk meditasi.

Stage 3. Just do it!

Mulai meditasi B’timers dengan senyaman mungkin. Mulai dari posisi duduk, kursi atau bantal duduk, hingga atur ruangan meditasi Anda menjadi benar-benar tenang. Letakkan sedikit lidah di atas langit-langit rongga mulut dan mulai bernafas dalam-dalam lewat hidung.

Hindari melakukan meditasi dalam perut kenyang. Lakukan meditasi setidaknya satu jam setelah makanan masuk dalam perut Anda. B’timers juga sebaiknya jangan berharap lebih terhadap meditasi, hanya lakukan meditasi dengan sepenuh hati maka Anda akan mendapatkan manfaat yang berlimpah.

Ancaman Stress? Pelajari Meditasi Untuk Pemula! | Breaktime
Atur tubuh Anda menjadi senyaman mungkin untuk bermeditasi

Stage 4. Evaluating

Setelah melakukan meditasi, saatnya bagi Anda untuk melakukan evaluasi terhadap meditasi yang telah Anda lakukan. Sudah nyamankan duduk Anda, apakah pikiran Anda terbuka terhadap segala hal, dan apakah B’timers menikmati setiap hembusan nafas yang keluar dari dalam hidung Anda.

Lontarkan berbagai pertanyaan pada diri Anda sendiri, dan temukan jawaban dengan terus mencoba cara meditasi yang baru hingga Anda menemukan metode meditasi yang pas untuk Anda. Hal ini membantu memperbaiki kualitas meditasi B’timers dari waktu ke waktu.

Meditasi untuk pemula tentunya tidak mudah dilakukan, namun jika dilakukan terus menerus Anda akan mengetahui triknya. Tidak hanya menghilangkan stress, meditasi juga mampu memperbaiki pola hidup B’timers yang dipenuhi dengan makanan-minuman tidak sehat. Meditasi menjadi alternatif olahraga yang mudah dan bermanfaat untuk Anda yang sibuk dari pagi hingga malam menjelang. Selamat bermeditasi, B’timers! (ft)

Share This Article