Anak Pertama Jauh Lebih Cerdas, Benar Demikian? | Breaktime
Anak Pertama Jauh Lebih Cerdas, Benar Demikian?
26.02.2017

Anda memiliki saudara kandung dan Anda merasa kalah pandai dibandingkan saudara lainnya, B’timers? Kebanyakan setiap saudara selalu membandingkan dirinya dengan kakak dan adik mereka. Entah karena mereka selalu memperoleh nilai yang lebih tinggi, berhasil menjadi atlet berbakat selama masa sekolah, atau menjadi pemeran utama di dalam drama pertunjukan akhir tahun ajaran.

Tak sedikit orang yang mengatakan, jika anak sulung terlahir dengan tingkat kecerdasan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan saudaranya yang lain, B’timers. Dan dari sejarah dunia, Anda menyadari jika, Steve Jobs, Sheryl Sandberg, Elizabeth Holmes serta Albert Einstein adalah anak sulung. Meskipun tidak menyenangkan, namun fakta ini telah terbukti. Namun inilah alasan di balik itu!

Anak Pertama Jauh Lebih Cerdas, Benar Demikian? | Breaktime
Anak pertama cenderung lebih pintar karena pola asuhan

Pada penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Leipzig, mereka menemukan bahwa, kepribadian dari sekitar 20.000 orang di Inggris, Amerika Serikat dan Jerman tidak terpengaruh dari apa mereka dilahirkan sebagai anak pertama, kedua ataupun anak terakhir, B’timers. Namun belakangan ini, ditemukan terdapat hubungan urutan kelahiran dan tingkat kecerdasan dari seseorang, lho, B’timers.

Studi yang dilakukan di Leipzig ini menemukan adanya perbedaan tingkat kecerdasan anak pertama dan adik-adiknya. Nah, kebanyakan anak yang dilahirkan pertama, mereka cenderung jauh lebih cerdas jika dibandingkan dengan saudara kandungnya yang lain, lho, B’timers. Meski tidak ada bukti ilmiah, namun besar kemungkinannya hal ini disebabkan oleh status sosial si anak sulung di dalam keluarga.

Menurut sebuah studi terbaru dari National Bureau of Economic Research (NBER), membuktikan bahwa, anak sulung memiliki peringkat yang lebih baik jika dibandingkan dengan adik-adik mereka, B’timers. Ini dibuktikan dengan nilai IQ anak sulung yang biasanya lebih tinggi. Bukti lain bisa Anda lihat dari presiden yang biasanya dipegang oleh anak sulung, seperti nama Harry Truman, Lyndon Johnson, Jimmy Carter, George W. Bush dan Bill Clinton yang semuanya merupakan anak pertama di keluarga mereka, B’timers.

Anak Pertama Jauh Lebih Cerdas, Benar Demikian? | Breaktime
Anak pertama cenderung mneyelesaikan masalah sendiri

Ada sejumlah teori yang menunjukkan alasan kenapa anak pertama cenderung mempunyai kemampuan kognitif yang lebih tinggi dan dapat menyelesaikan tugas dengan lebih baik di sekolah. Dari penelitian, ini dikarenakan oleh faktor genetik yang dimiliki oleh anak sulung. Adapun alasan lainnya adalah, di saat anak pertama dilahirkan mereka mendapatkan perhatian yang lebih banyak daripada anak berikutnya. Hal ini yang mendorong perkembangan dan pertumbuhan otak yang lebih kuat.

Terdapat salah satu teori yang paling menarik mengungkapkan bahwa, anak tertua cenderung jauh lebih cerdas jika dibandingkan dengan saudaranya adalah karena mereka mendapatkan pendidikan yang tidak terganggu dengan keberadaan dari saudara-saudaranya yang lain, B’timers. Kemungkinan besar adalah karena mereka juga mendapatkan fasilitas dan dukungan ekonomi secara penuh.

Dan ternyata selain memiliki tingkat kecerdasan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan saudaranya yang lain, anak sulung juga lebih sehat daripada adik-adiknya, lho. Hal tersebut bisa dilihat dari sejumlah penelitian, salah satunya dari Queen’s University Belfast. Mereka menemukan adanya hubungan antara urutan lahir dengan risiko diabetes tipe 1. Anak yang lebih muda punya kekebalan yang lebih rendah.

Well, namun fakta yang jauh lebih penting dibandingkan dengan itu semua adalah, tingkat kecerdasan seseorang tak dipengaruhi oleh urutan kelahiran mereka dalam keluarga, B’timers. Ini berdasarkan dari cara orangtua menunjukkan kedisiplinan di dalam keluarga. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE