Menyendiri Bisa Bantu Gali Potensi Diri? | Breaktime
Alasan Mengapa Menyendiri Bisa Bantu Gali Potensi Diri
04.12.2015

Manusia adalah makhluk sosial yang saling bergantung dengan orang lain. B’timers pun hidup di dunia sosial dan rasanya hampir tak pernah ada waktu untuk benar-benar sendiri, bukan? Meski di saat-saat tertentu kita hanya sendiri saja dan tak ada teman ataupun keluarga kita, tinggal telepon dan berkirim pesan saja, kita sudah bisa berhubungan dengan mereka.

Meski menjalin hubungan dan melakukan interaksi sosial memberikan banyak manfaat, kita sering lupa pentingnya meluangkan waktu untuk diri kita agar benar-benar sendiri. Terkadang, menghabiskan waktu sendirian saja memang sangat penting untuk diri kita, apalagi itu dapat membantu mengembangkan potensi diri sendiri. Kok bisa?

Menjadi kreatif dan produktif


Saat sedang sendiri, Anda tak perlu bergantung pada orang lain untuk menghibur dan membahagiakan diri sendiri. Semuanya terserah Anda. Tak hanya itu, Anda pun bebas mencoba dan melakukan hal-hal baru yang biasanya tak bisa Anda lakukan saat bekerja dalam tim.

Bekerja lebih keras


Ingatkah saat di sekolah Anda diminta mengerjakan tugas berkelompok? Tentu Anda lebih santai karena pasti ada orang lain yang bisa mengerjakannya sampai selesai. Jika anda harus bekerja sendiri, itu membuat Anda secara otomatis bekerja keras. Selain itu, saat sendiri Anda lebih bebas dari segala sesuatu yang bisa mengalihkan perhatian dan bisa benar-benar fokus.

Menyendiri Bisa Bantu Gali Potensi Diri? | Breaktime
Menikmati waktu sendiri dapat membuat kita lebih mengenal diri sendiri

Jadi lebih berkembang


Pergi bersama teman-teman atau dengan kekasih memang terasa asyik dan menyenangkan. Namun, itu juga membuat Anda hanya fokus kepada mereka. Bepergian sendiri bisa membuat Anda lebih tertarik berinteraksi dengan orang-orang baru dan berbagi pengalaman.

Pikiran lebih jernih


Kita semua membutuhkan waktu untuk merilekskan tubuh dan pikiran. Saat Anda mendapatkan waktu untuk beristirahat, sebaiknya manfaatkan untuk benar-benar sendiri dan matikan ponsel Anda. Nikmati waktu Anda seorang diri saja tanpa pengalih perhatian apapun.

Bebas melakukan yang diinginkan


Saat berkumpul bersama teman-teman kita, biasanya kita ikut melakukan apa yang mereka lakukan. Terkadang kita sebenarnya merasa capek namun “terpaksa” melakukannya. Saat sedang sendiri, kita bisa benar-benar melakukan apa yang kita inginkan, dengan bebas.

Belajar tentang diri sendiri


Jika kita sendirian saja, kita bisa benar-benar memahami diri kita sendiri. Dan, Anda mungkin akan terkejut bahwa selama ini sebenarnya Anda tak pernah punya waktu untuk sungguh-sungguh mengenal diri Anda. Anda bisa belajar aktivitas baru dan lebih menekuni hobi Anda.

Nah, kini B’timers tentu ingin meluangkan waktu untuk benar-benar dinikmati seorang diri, bukan? (md)

Share This Article