Alasan Kreativitas Kita Buntu dan Cara Mengatasi | Breaktime
Alasan Kreativitas Kita Buntu dan Cara Mengatasi
26.01.2017

Oh, Tuhan! Di manakah inspirasi itu, ketika kita membutuhkannya!” Pernah mengalami kreativitas yang buntu, B’timers? Nah, buntunya kreativitas merupakan musuh terburuk yang bisa kita temui. Sayangnya siapapun sangat mungkin mengalaminya. Bagi orang-orang yang mengandalkan kreativitas, hal ini tentu dapat mendatangkan tekanan. Bahkan sangat mungkin karir mereka hancur, apabila terus terjadi. Dapat Anda bayangkan betapa mengerikannya jika kebuntuan menyerang, kan?

Adalah sesuatu yang sangat mudah terjadi, terutama ketika tenggat waktu semakin dekat. Seringkali kita kehilangan ide. Hanya untuk membentuk pola pikir saja rasanya sangat sulit, B’timers. Dan apabila  Anda yang saat ini mengalaminya, percayalah bahwa semua orang sukses pada masa lalu pernah menghadapi kebuntuan yang sama. Namun untuk tetap maju dan bertahan, mereka berusaha mengatasinya dengan baik. Berikut ini beberaoa cara mengatasi kreativitas yang buntu, B’timers!

Kebuntuan mental adalah di mana Anda terjebak oleh pemikiran sendiri. Anda tak sanggup memikirkan hal lain yang dapat membantu untuk menyelesaikannya. Semua orang pernah mengalami hal ini. Coba untuk mengubah cara berpikir Anda dan adopsilah perspektif yang berbeda. Anda dapat pergi ke suatu tempat yang baru, membaca, menonton atau mendengarkan sesuatu yang baru. Berbicara dengan yang memiliki pandangan berbeda, kemudian dapatkan pola pikir kreatif yang baru.

Alasan Kreativitas Kita Buntu dan Cara Mengatasi | Breaktime
Kebuntuan kreativitas memang bisa bikin stres

Yang perlu Anda ketahui adalah kreativitas adalah sesuatu yang selalu berubah, B’timers. Jika Anda ingin mendapatkan pikiran yang kreatif, Anda harus keluar dari zona nyaman, menghadapi hal yang tak Anda ketahui atau mungkin Anda takuti. Namun salah satu yang bikin kreativitas buntu adalah perasaan emosi di dalam pikiran maupun jiwa kita. Solusi untuk menghadapinya adalah dengan berani menghadapinya. Lakukan meditasi untuk membantu Anda menanggung emosi yang dirasakan.

Well, selalu ada waktunya, di mana hal-hal yang biasa kita lakukan, tak lagi memberikan bantuan untuk menumbuhkan kreativitas yang dibutuhkan, lho. Ini karena Anda sudah bekerja terlalu lama, mencoba terlalu keras dan tak memiliki rangsangan yang cukup. Nah, untuk mengatasi sebab buntunya kreativitas Anda, cobalah untuk keluar dari rutinitas harian yang selama ini Anda ikuti. Lakukan sesuatu yang baru dan menantang. Terkadang kreativitas timbul karena hal-hal yang spontan, lho.

Tuntutan yang diminta oleh kreativitas adalah fokus. Jadi jika ada gangguan sedikit saja, Anda pasti akan mengalami kebuntuan kreativitas, B’timers. Salah satu hal yang bisa bikin kreativitas buntu adalah ketika ada masalah pribadi yang tak dapat Anda selesaikan. Anda akan kesulitan untuk berkonsentrasi. Atasilah halangan yang satu ini dengan terlebih dahulu menyelesaikan masalah yang sedang Anda hadapi. Minta bantuan orang lain atau pergilah dan nikmati liburan singkat dari pekerjaan Anda.

Hal lain yang bisa membuat kreativitas buntu adalah masalah kemiskinan. Eits, tapi ini bukan mengenai uang, lho, B’timers. Hal yang bikin kreativitas buntu adalah, kurangnya waktu, pengetahuan, tak punya jaringan yang mendukung pekerjaan Anda. Untuk mengatasi alasan kebuntuan kreativitas yang satu ini, Anda perlu memikirkan lagi tentang lebih menghemat waktu, uang atau hal lain yang Anda butuhkan di dalam pekerjaan. Jangan ragu untuk kembali belajar dan mencari pengetahuan baru.

Terlalu berlebihan bekerja juga dapat menjadi alasan Anda mengalami kebuntuan kreativitas, B’timers. Ketika seseorang terlalu banyak mencurahkan waktunya untuk satu hal, mereka perlahan akan merasa kewalahan. Dan pada akhirnya pikiran mereka pun mengalami kebuntuan. Ini karena kelelahan setelah bekerja terlalu keras. Solusi terbaik untuk mengembalikan kreativitas Anda adalah dengan membatasi jumlah pekerjaan yang Anda ambil. Yang berlebihan tak akan membawa kebaikan, lho.

Nah, apabila Anda bekerja dengann tim, adalah hal yang sangat biasa ketika ketegangan terjadi. Hal ini ternyata bisa menyebabkan kreativitas buntu, lho, B’timers. Namun di sinilah saatnya Anda harus bisa memadukan ketrampilan komunikasi dan kreativitas. Itulah tadi beberapa hal yang bisa bikin kreativitas buntu dan cara untuk mengatasinya, B’timers! (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE